Rabu , 19 Mei 2021

Meriahkan HAB ke 75, Kemenag Pekanbaru Taja Berbagai Kegiatan

PEKANBARU (khabarmetro)–Sebagai bentuk kebersamaan dan memeriahkan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-75 Kementerian Agama RI tahun 2021, yang jatuh pada 3 Januari 2021, Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru mentaja berbagai kegiatan.  Kegiatan itu diantaranya, gowes sepeda santai dan kegiatan bakti sosial donor darah.

“Kegiatan pertama yang akan dilaksanakan adalah Gowes sepeda santai, kegiatan yang mengambil start dan finish di kantor Kemenag Kota Pekanbaru itu menyediakan doorprize 15 buah sepeda, dan berbagai hadiah lainnya,”  ujar  Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru Dr. H. Edwar S Umar, MAg, melalui Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha Kemenag Pekanbaru sekaligus Penanggungjawab Kegiatan H. Abdul Wahid, SAg, M.Ikom, Minggu (27/12).

Dijelaskan Wahid,  Ahad atau bertepatan dengan tanggal 3 Januari,  diadakan upacara bendera di halaman kantor Kemenag Pekanbaru. Sehubungan dengan masih dalam kondisi pandemi Covid-19, berbagai kegiatan yang akan menerapan Protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

“Masih dalam situasi pandemi, maka kita tetap melakukan beberapa kegiatan sebagai bukti kecintaan dan tetap menjaga semangat pelayanan kementerian agama diadakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Termasuk upacara bendera dengan menerapkan 4 M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” jelasnya.

Selain itu tambahnya, Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru juga akan menggelar kegiatan Bakti Sosial Donor Darah. Menariknya, kegiatan ini menyediakan doorprize 2 buah sepeda.

“Kegiatan tersebut Insya Allah akan kita adakan pada Senin 4 Januari 2021 di aula Kantor Kemenag Kota Pekanbaru,” ujarnya.

Sedangkan kegiatan terakhir yang akan dilaksanakan sebagai bagian dari menyemarakan peringatan hari lahir kementerian agama tersebut adalah tabligh akbar.

“Kegiatan tabligh akbar rencananya akan diadakan di Mesjid Ikhlas Beramal yang lokasinya di dalam komplek Kantor Kemenag Kota Pekanbaru pada hari Jumat tanggal 8 Januari 2020,” ucapnya.

HAB Kementerian Agama selalu diperingati setiap tanggal 3 Januari. HAB Kemenag merupakan sebuah peristiwa penting yang memiliki arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama. Peringatan AHB merefleksikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga penghargaan atas jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama (Kemenag).

Momentum peringatan Hari Amal Bakti setiap tanggal 3 Januari merupakan waktu berdirinya Kementerian Agama Republik Indonesia yang dibentuk pada 6 Januari 1946 atau 75 tahun yang lampau. Pemerintah membentuk Kementerian Agama sebagai bagian dari perangkat kehidupan berbangsa dan bernegara dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pembentukan Kementerian Agama menjadi keputusan bersejarah dan memberikan pengaruh besar sepanjang perjalanan bangsa hingga sekarang ini. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, HAB ke 75 Tahun 2021 Kementerian Agama diperingati di tengah-tengah masa pandemi Covid-19.

Kementerian Agama Republik Indonesia telah merilis tema dan logo HAB Kemenag RI Ke 75 Tahun 2021. Tema dan Logo HAB Kementerian Agama tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 58 Tahun 2020 tentang HAB Kementerian Agama RI Ke-75 Tahun 2021. Temanya adalah “Indonesia Rukun”. (rpg)

Check Also

Tempat Wisata di Kabupaten Siak di Tutup

Kapolres Siak Himbau Warga Untuk Tetap Dirumah   Siak (Khabarmetro.com)– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *