Rabu , 29 September 2021

Mantap, PT Bengkalis Dockindo Perkasa Gelar Launching Ceremony Perdana Kapal TB Barakuda 01 22

BENGKALIS (Khabarmetro.com) – PT. Bengkalis Dockindo Perkasa (BDP) yang berpusat di Desa Sungai Siput Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, Kamis (1/4/2021) menggelar acara Launching Ceremony Perdana Tug Boat (TB) Barakuda 01 22.

Barakuda 01 22 merupakan kapal Tug Boat pertama yang diproduksi oleh PT BDP, dan akan menyusul beberapa unit kapal lainnya yang saat ini dalam proses pengerjaan.

Pantauan wartawan pada acara Launching Ceremony yang digelar di halaman kantor utama yang berlokasi di Sungai Siput tersebut dihadiri oleh Komisaris PT. BDP Mulianto, Direktur PT BDP Supeng , Yard Manager PT. BDP Halirman, ST, Perwakilan Kepala KSOP Kelas II Tanjung Buton Hembing, dan Kepala Cabang PT. Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Pekanbaru Doni Tri Susilo.

Selain itu terlihat juga hadir Owner TB Barakuda 01 22 dari PT. Sinar Haluan Samudera (SHS) Felix, jajaran managemen dan ratusan karyawan – karyawati PT. BDP yang terlihat antusias mengikuti acara.

Dalam sambutannya Komisaris PT. BDP Mulianto mengungkapkan rasa syukur dan bangganya, atas pencapaian perusahaan yang telah mampu memproduksi Kapal Perdana jenis Tug Boat, yang diberi nama Barakuda 01 22.

“Kita sangat bersyukur atas pencapaian dan kinerja jajaran karyawan – karyawati PT. BDP, yang hari ini telah sukses memproduksi TB Barakuda 01 22. Sehingga dengan dilaksanakannya Launching Ceremony perdana ini, diharapkan menambah semangat kita semua untuk lebih produktif lagi ke depan,” kata Mulianto.

Komisaris PT. BDP ini juga mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak, dan mengharapkan doa dari masyarakat agar perusahaan ke depan memperoleh kelancaran serta dipermudahkan dalam segala pekerjaan, sehingga bisa berjalan lancar dan aman.

“Terimakasih kepada kepala KSOP kelas II Tanjung Buton dan jajaran yang telah bekerjasama dengan baik, dan tak lupa juga kepada pihak BKI yang juga sudah mendukung dalam banyak hal, sehingga hari ini kita bisa melaunching barakuda 01 22. Dalam pertengahan bulan April 2021 ini juga, kita akan melaunching kapal jenis tongkang, saat ini dalam proses finalisasi, sedangkan Tug Boat Barakuda 02 akan dilaunching pada bulan Juni mendatang,” tutur Mulianto.

Dia juga berpesan kepada karyawan PT. BDP agar terus meningkatkan keselamatan, kedisiplinan dan kualitas dalam bekerja.

Yard Manager PT. BDP Halirman, ST dalam kesempatan itu mengatakan pihaknya sengaja memilih tanggal 01 April 2021 untuk menggelar launching perdana TB Barakuda tersebut.

“Sebab bertepatan dengan kapal kita yang pertama yakni Barakuda 01, Insya Allah ke depan akan menyusul Barakuda 02, 03 dan seterusnya,” ungkap Halirman alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini.

Yard Manager PT BDP ini juga mengapresiasi seluruh jajaran karyawan yang telah bekerja keras menyelesaikan projek demi projek, hingga selesai Barakuda 01.

“Oleh karena itu saya selalu sampaikan kepada karyawan, bahwa kita harus update terus punya pengetahuan. Sekarang kita memproduksi tug bout, maka kedepan tidak tertutup kemungkinan kapal tanker juga akan kita produksi. Selain itu dalam bekerja, sefty sangat penting dan nomor satu, mutu juga harus dijaga, produksi harus tepat waktu, maka kedisiplinan juga harus kita jaga dengan baik,” pesannya.

Halirman juga berterimakasih kepada pihak KSOP Kelas II Tanjung Buton dan BKI yang mensupport dan selalu bekerjasama dengan baik.

“Pembangunan 3 buah tug boat yang diproduksi PT BDP ini adalah hasil karya anak bangsa dan dominan dari lokal, terutama dari alumnus Politeknik Negeri Bengkalis jurusan D3 perkapalan. Sedangkan hasil produksi kita sudah berstandar International Maritime Organization¬†(IMO)¬†dan sesuai dengan Principal Regulations Governing Maritime Safety,” tuturnya.

Sementara itu Perwakilan Kepala KSOP Kelas II Tanjung Buton Hembing dalam sambutannya turut mengapresiasi pencapaian PT. BDP.

“Perlu kita apresiasi dan ucapkan bangga yang setinggi – tingginya kepada PT. BDP ini, karena tahap demi tahap perkembangannya cukup besar, dulu 2015 saya pernah ke sini, masih apa adanya, saat ini perkembanganya luar biasa, sudah mampu membangun kapal, yang mana notabene hasil karya putra – putra lokal kabupaten Bengkalis, khususnya dari Poltek Negeri Bengkalis. Ini jadi kebanggan kita semua, sebab PT. BDP mampu bersaing dengan dock – dock lainnya yang ada di Indonesia,” ujar Hembing

“Saya merasa keberadaan BDP ini akan memberikan feed back bagi masyarakat tempatan, kususnya bagi alumni Poltek Negeri Bengkalis yang bisa diakomodir dengan baik, sehingga nantinya bisa lebih diimprovisasi, tidak hanya tug bout dan tongkang saja, tapi harus bisa juga memproduksi kapal tanker. Ini Barakuda 01, berarti akan ada yang selanjutnya.” sebut Hembing memberi semangat.

Kepala Cabang PT. BKI Pekanbaru, Doni Tri susilo dan Owner TB Barakuda 01 22 dari PT SHS Felix, dalam kesempatan itu turut mengapresiaisi pencapaian dan kemajuan PT. BDP dan berharap semakin jaya serta lebih banyak memproduksi kapal di masa mendatang.

Acara diwarnai dengan pemotongan tumpeng dan pita bersama oleh tamu undangan, dilanjutkan dengan upacara pecah kendi untuk Launching TB Barakuda 01 22, yang perdana menuju perairan Sungai Siput Kecamatan Siak Kecil. Tug Boat Produksi PT BDP ini sudah dibeli langsung oleh owner PT. SHS yang turut hadir dalam acara tersebut. (Win)

Check Also

Syamsurizal: Jika tak Berbenah PPP Akan Punah

Rapimwil Jalan, Pelantikan Pengurus DPW PPP Ditunda Pengurus DPW PPP Riau periode 2021-2026 di sela-sela …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *