Minggu , 20 Juni 2021

Manajemen PT SAI Serahkan 64 Beasiswa Pelajar Berprestasi

UJUNG BATU (Khabarmetro.com)— Dalam rangka HUT Astra Agro Lestari (AAL) ke 32, (3 Oktober 2020) Manajemen PT Sawit Asahan Indah (SAI) telah menyalurkan beasiswa kepada 64 pelajar berprestasi dari 8 desa ring satu perusahaan.

Penyerahan beasiswa secara simbolis diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Rokan Hulu, Drs H Ibnu Ulya MSi, Sabtu (17/10).

Penyerahan beasiswa ini berlangsung sederhana dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang cukup ketat. Selain peserta yang dibatasi, juga wajib gunakan masker dan cuci tangan.

ADM PT SAI, Sumarno kepada wartawan menyampaikan, bahwa penyerahan beasiswa kepada 64 orang anak masyarakat yang ada di 8 desa (Sangkir, Pematang Tebih, Ngaso, Lubuk Bendahara Timur, Sungai Kuning, Lubuk Bilang, Teluk Aur; dan Kota Intan) marupakan program rutin setiap tahun.

Sasaran program ini adalah pelajar yang berprestasi dan kurang mampu. “Kami berharap program beasiswa ini bisa membantu meringankan ekonomi orangtua terutama di masa pandemi sekarang,” kata ADM Sumarno.

Ia juga berharap kepada pelajar yang sudah menerima beasiswa ini agar meningkatkan kualitas belajar di rumah, sehingga kedepan bisa meraih cita-cita, dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah yang ada di Rokan Hulu, bahkan di perkotaan.

Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Rohul, Drs H Ibnu Ulya MSi mengucapkan selamat HUT Astra Agro Lestari. Atas nama Pemerintah daerah Rohul, dirinya juga sangat berterima kasih kepada manajemen PT SAI dan AAL Tbk yang ikut berperan aktif mendukung kemajuan pendidikan di Negeri Seribu Suluk tersebut.

Dirinya berharap, kedepan CSR PT SAI selain membangun kualitas pelajar, bisa juga membantu kegiatan fisik sekolah dan juga mobilernya. Ia mengakui, pemerintah daerah sangat memiliki keterbatasan untuk memenuhi pembangunan fisik sekolah yang menjadi kewenangan daerah.

“Ada sekitar 500 sekolah (SD, SMP) yang menjadi kewenangan daerah. Pemkab Rohul dalam hal ini mempunyai keterbatasan anggaran untuk memcukupi pembangunan fisik sekolah. Disini kita perlu perlu kepekaan CSR perusahaan membantu pembangunan fisik dan mobilernya,” pinta Ulya.

Menyikapi permintaan itu, ADM PT SAI Sumarno mengatakan pada prinsif pihaknya peduli dengan keperluan yang menyangkut dengan pendidikan. Disamping beasiswa, program yang sudah berjalan adalah bantuan ATK dan honor guru sekolah binaan PT SAI.

“Bila ada permohonan mobiler kita persilahkan mengajukan ke perusahaan agar nantinya di follow up manajemen,” sebutnya.

Salah seorang perwakilan Kepala Desa yang hadir, Arsanik SH mengakui program yabg disalurkan PT SAI sangat membantu pemerintah desa di segala lini mulai dari infrastruktur, pendidikan, kesehatan, sosial, budaya dan keagamaan.

“Semoga usaha perkebunan dan industri kelapa sawit yang dijalankan PT SAI lebih maju, sehingga dapat berperan untuk kemajuan di desa, meningkatkan kesejahtraan, pendidikan dan kesehatan masyarakat,” doa Kepala Desa Sangkir Indah ini.

Dalam acara penyerahan beasiswa itu,
tampak hadir juga CDO PT SAI, Ilka Iskandar SH, segenap asisten, Kepala Desa diantaranya Kades Ngaso, Andes Siata, Kades Pematang Tebih, Selamat, Kades, Lubuk Bendahara Timur, Fakhri Abdullah, Kades Koto Intan, M Syukur.

Ketua Panitia acara, Ilka Iskandar SH mengatakan, bahwa pembagian beasiswa kepada pelajar berprestasi kurang mampu ini adalah kelanjutan program Nurani Astra yang sebelumnya juga sudah dilaksanakan program kesehatan sunat massal di desa-desa ring satu PT SAI.

“Khusus beasiswa ini ada 64 pelajar yang dapat mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA. Anggaran yang dialokasikan untuk program beasiswa ini sebesar 30 juta,” ujar CDO Ilka Iskandar.(sal)

Check Also

Rezita Meylani Resmi Dilantik Sebagai Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Inhu

  INHU (Khabarmetro.com)– Rezita Meylani Yopi, SE resmi dilantik sebagai Ketua Pimpinan Cabang Muslimat Nahdatul …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *