Sabtu , 10 Desember 2022

Literasi Guru Jadi Program Utama Disdik Pekanbaru di 2021

 

PEKANBARU (Khabarmetro.com) – Pelatihan Kepala Sekolah dan Guru Menulis Bersama Pekanbaru Pos perdana dilaksanakan di Aula SDN 141 Pekanbaru yang tergabung dalam Gugus III KH.Ahmad Dahlan terdiri dari SDN 48, 170, 141, 177, SDIT AZ – ZUHRA, SDIT BUNAYYA pada pukul 07 : 30 dengan antusias luar biasa dari para peserta.

Mengingat program 2021 Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru adalah Gerakan literasi menulis. Berjumlah 42, para peserta diberi pengarahan dan tata cara penulisan artikel dari narasumber dari wartawan senior Riau Pos Muhammad Amin.

KASI Tendik Disdik Kota Pekanbaru Sardius SPd menyampaikan tujuan pelatihan tersebut ditujukan kepada Kepala Sekolah dan guru bisa untuk memulai menulis dengan kebiasaan sehari hari.

“Pelatihan hari ini kami minta semua guru untuk bisa menulis, bisa dimulai dengan tema yang disenangi, tulislah artikel tentang pendidikan dengan tema yang banyak untuk ditulis ditengah pandemi sekarang ini”. Jelas Sardius.

Selanjutnya, masih kata Sardius tulisan atau artikel yang telah dibuat oleh guru nantinya dikirim ke bidang Tendik Disdik Kota Pekanbaru, lalu di dikirim ke media. ” Menulislah apa yang ada difikiran dan imajinasi, karna saya yakin guru sangatlah kreatif dan teruslah berinovasi serta mempunyai semangat yang tinggi”. sambung Sardius.

Direktur Pekanbaru Pos, Khairul Amri dalam kata sambutan menjelaskan bahwa ada kerinduan dengan guru disekolah, karena sejak wabah corona melanda di Indonesia sudah tidak ada pertemuan dengan guru. ” Corona telah mengubah sikap kita saat ini, menulis itu menurut saya jadikanlah suatu kebiasaan. Dengan banyak membaca InsyaAllah kegiatan menulis akan bisa dilaksanakan”. Kata Khairul.

“Saat ini hanya sedikit org yang bisa menulis lalu berbicara di depan orang banyak. Menulis itu trend, tidak banyak org seperti kita, kalau umur kita sudah tidak ada lagi, tulisan yang akan diingat orang. Dan itu menjadi sebuah karya”.

Lebih jauh Khairul menyebutkan setiap manusia pasti punya potensi untuk menjadi menulis, apalagi guru yang kreatif saat ini, hanya saja belum menyadari kemampuan kita dalam menulis. “Mulai hari ini kita bangkitkan karya menulis kita jadikan menulis itu hobi”. Papar Khairul Amri.

Menurut Khairul ada banyak tema yang bisa diangkat menjadi sebuah tulisan, mulai dari tingkah laku anak dalam belajar daring, respon anak disekolah saat menerima pelajaran ataupun strategi pembelajaran menarik yang diberikan guru kepada siswa.

“Setelah pemateri menyampaikan materinya nanti, yakinkanlah hati bapak untuk mengasah kemampuan menulis, Nah nantinya akan dibaca murid dan itulah sebuah karya”. Sebut Khairul dengan semnangat.

Hadir dalam acara tersebut Kepsek 141 Elida SPd, Kepsek SDN 170 Eva Paswati SPd, Kepsek SDN 48
Masriana SPd, Kepsek 177, Rajumia SPd Kepsek SD Bunayya Indrayani dan SDIT Azzuhra

Untuk diketahui, pada saat materi berlangsung para peserta tampak aktif dan antusias mendengar Muhammad Amin dalam menyampaikan materinya, juga sesi tanya jawab dalam pelatihan tersebut berjalan dengan lancar, hingga di akhir acara ada pelatihan khusus dan menulis artikel langsung untuk dapat diterapkan serta dikirimkan ke harian pagi Pekanbaru Pos. (Jel)

Check Also

Tak Gratis Lagi, Tarif Tol Pekanbaru-Bangkinang Segera Diberlakukan

Selama Ini Perlu Waktu 2,5 Jam, Lewat Tol hanya Perlu 45 Menit Sekda Kampar H …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.