Sabtu , 18 September 2021

Korem 031/ WB Gelar Donor Darah dan Darah Plasma Konvalesen Covid-19

 

PEKANBARU, (Khabarmetro.com)– Korem 031Wira Bima bekerjasama dengan PMI dan Relawan Covid 19 Provinsi Riau, kembali gelar kegiatan donor darah untuk masyarakat yang membutuhkan. Senin (22/3) di
Hotel Furaya, Pekanbaru, Riau.

Namun, kegiatan donor darah kali ini tidak hanya donor darah umum atau biasanya. Tapi juga donor darah plasma konvalesen dari beberapa penyitas Covid-19, khusus untuk masyarakat yang terkomfirmasi positif Covid-19.

Kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Ulang tahun (HUT) Ke-62 Korem 031/WB tahun 2021 serta HUT Persit KCK Ke-75. dan HUT Dharma Pertiwi Ke-57 tersebut, juga di hadiri Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Forkopimda Provinsi Riau, Ketua PMI Kota Pekanbaru, Pimpinan Hotel Furaya Pekanbaru, Para Kasi Korem Dan Para Komandan/Kepala Satuan Dinas Jawatan Jajaran Korem 031/Wira Bima, Ketua Persit Kck Koorcab Rem 031 PD I/BB serta pengurus lainya.

Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan, dalam sambutannya menyampaikan, jika kegiatan ini merupakan kegiatan terbesar ke dua kali yang silakukan Korem 031 Wira Bima bersama relawan Covid-19 Provonsi Riau, dimana sebelumnya masuk dalam Rekor MURI Indonesia sebagai pendonor darah terbesar dan teraktif di Indonesia.

“Dalam kegiatan ini, sebelumnya kita sudah berhasil mengumpulkan sebanyak 957 kantong darah yang sebagian sudah di distribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Kita menargetkan donor dara ini mencapai 3000 kantong, dan diharapkan saat ini kembali terkumpul sebanyak-banyaknya demi memenuhi kebutuhan masyarakat kita,” kata Danrem.

Keberhasilan ini tambah Danrem, juga tidak lepas dari dukungan atau antusias masyarakat, relawan serta TNI Polri yang menyumbangkan darah. Semoga semua ini memjadi amal ibadah dan mendapat balasan setimpal dari allah SWT. Karena orang yang mau mendonorkan darahnya ini adalah orang-orang yang berhati mulia.

“Maka dari itu kami mendoakan kepada seluruh peserta Donor Darah akan diberikan Balasan oleh Allah SWT pahala dan berkah yang melimpah,” tuturnya.

Jenderal bintang satu ini juga mengucapkan terimakasih kepada peserta, terutama peserta plasma konvalesen dari penyitas Covid-19 yang telah menyumbangkan darahnya untuk kesembuhan masyarakat yang terkomfirmasi positif Covid-19.

“Donor darah plasma konvalesen ini, sangat dibutuhkan oleh pasien positif Covid-19. Untuk itu kita juga berharap bisa terkumpul untuk membantu saudara kita yang sangat membutuhkan saat ini,” tuturnya

Hal senada juga disampaikan Ketua Relawan Covid-19 Provinsi Riau, Toni, menurutnya jika plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi. Hal ini juga untuk mendukung pencadangan gerakan nasional donor darah konvalesen oleh pemerintah.

“Pada hari pertama kami telah merekrut 6 pendonor plasma konvalesen, namun dari 6 pendonor tersebut hanya 3 yang berhasil lolos dari persyaratan, kami berharap beberapa hari kedepan akan bisa menjaring lebih banyak lagi pendonor plasma konvalesen ini,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan bahwa donor darah memiliki manfaat yang sangat luar biasa, tidak hanya bagi diri sendiri namun juga bagi orang lain yang membutuhkan.

“Kami sangat mendukung dan menaruh perhatian yang besar kepada kegiatan ini, karena donor darah merupakan kebajikan yang luhur nilainya bagi sesama manusia dan kemananusiaan,” katanya.

Dalam suasana pandemi Covid-19 saat ini, tentu kegiatan donor darah kata Wagubri sangat erat kaitannya terutama meningkatnya permintaan plasma darah konvalesen untuk meningkatkan kesembuhan penderita Covid-19 di Provinsi Riau.

“Melalui kegiatan ini, kami harapkan adanya semangat dan kesadaran dalam diri masing-masing akan pentingnya persaudaraan dan saling tolong-menolong antar sesama manusia, sehingga akan semakin peka dan peduli akan penderitaan sesama yang membutuhkan,” tutupnya.(dre)

Check Also

Bantu Uang Saku Atlit Kampar yang Berlaga di PON Papua, Eva Yuliana Dikenal Peduli Olahraga

Eva Yuliana bantu bekali uang saku atlit Kampar yang mewakili Riau di PON ke-XX Papua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *