Kamis , 25 Februari 2021

Kelurahan Kampung Baru Resmikan Pos Induk Keamanan

PEKANBARU (Khabarmetro.com) – Pos induk keamanan dan ketertiban ini, merupakan pos satu-satunya yang ada di Kota Pekanbaru aktifitas rondanya terintegrasi.

Selain itu, Pos Induk yang di gagas oleh Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos tersebut memiliki kelengkapan fasilitas seperti Pos Bina Keluarga Balita (BKB) dan Pos Bina Keluarga Lansia (BKL) yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dilingkungan sekitar Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Senapelan kota Pekanbaru.

Adapun menurut Lurah Yeni, proses pelaksanaan pembangunan Pos Induk keamanan dan ketertiban ini telah dilakukan selama kurang lebih satu tahun yang lalu, yang mana  pendanaannya berasal dari dana kelurahan tahun anggaran 2019.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama kita dengan semua pihak khususnya masyarakat dan perusahaan yang berada dilingkungan Kampung Baru ini,” ujar Lurah Yeni.

“Konsep ini berawal dari kunjungan kami ke daerah Kabupaten Agam yang merupakan salah satu bentuk jangka panjang dari proyek perubahan pada pelaksanaan Diklat Pim IV tahun 2018 lalu. Dan jangka pendeknya kami telah mendirikan Pos Ronda Terintegrasi yang telah diresmikan pada tanggal 09 Oktober 2018 oleh Walikota Pekanbaru Dr. Firdaus MT,” tambahnya.

Ia pun juga menyebutkan keterlambatan peresmian dan penempatan pos induk keamanan dan ketertiban ini dikarenakan masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19 yang terjadi hingga saat ini.

“Maka sesuai arahan dan petunjuk dari satgas Covid-19, pelaksanaan dilakukan pada hari ini, namun tetap menjalankan protokol kesehatan,” sebut Lurah Yeni, sembari mengatakan pos induk ini digunakan juga sebagai kantor sekretariat bersama Kantor LPM Kelurahan dan Kantor Forum RT/RW.

Menariknya Pos Induk yang dinamakan dengan sebutan Gasyeni yang artinya Gagasan Yeni ini dilengkapi dengan Radio Ric dan Handy Talky (HT) yang radius frekuensinya 141.900 MHz.

“Untuk di Pos Induk ini kita stand by kan Radio Ric, dan untuk disetiap RW yang memiliki pos ronda akan kita bagikan dua unit Handy Talky yang akan digunakan untuk keamanan dilingkungan sekitar,” sebut Lurah Yeni.

Selama masa pandemi Covid-19, penggunaan dan manfaat pos induk ini menurut Lurah Yeni akan dapat memutuskan mata rantai penyebaran wabah virus corona.

“Semoga dengan adanya pos induk ini dapat terwujudnya kota Pekanbaru yang Smart City Madani sesuai harapan Walikota Pekanbaru. Smart masyarakatnya, Smart pemerintahannya kearah yang sehat jasmani dan rohani dalam membangun kota yang mandiri, tangguh, dan berdaya saing damai dan sejahtera,” tutup Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos yang ternyata tepat pada hari ini tanggal 6 Januari 2021 genap berusia 50 tahun dan mendapatkan kejutan dari rekanan maupun para tamu undangan yang ikut hadir.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Setda kota Pekanbaru Drs. Aswan M.Si, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Pekanbaru Drs Muhammad Amin M.Si, Ketua LPM kota Pekanbaru Sarjoko SE, Sekretaris Camat Senapelan Nurzaman M.Si, para Lurah-Lurah se kecamatan, Ketua LPM Kelurahan, Ketua Forum RT/RW, dan undangan lainnya.

Untuk diketahui struktur pengurus yang bertanggung jawab mengelola Pos Induk Keamanan dan Ketertiban Ronda Terintegrasi tersebut yakni :

– Pembina Lurah Kampung Baru, Bhabinkamtibmas, dan babinsa
– Penanggung jawab Ketua LPM Kelurahan Kampung Baru
– Koordinator Umum : Alfitri Alfa
– Koordinator Aset : Suryaningsih
– Sekretaris : T. Hendra Yuda SE
– Bendahara : Evariani S.Pd
– Anggota : Prizamola dan Alvin Pratama. Rls/Km

Check Also

Buka Lahan Pemprov Riau Siapkan 12 Unit Eskapator Gratis Untuk Masyarakat

PEKANBARU, (Khabarmetro.com)–  Pembukaan lahan Pemerintah Provinsi (Pemprov) siapkan 12 unit alat berat jenis eskapator untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *