Senin , 2 Agustus 2021

Kasus Covid-19 Meningkat, Diskes Ingatkan Masyarakat Mudik

 

PEKANBARU, (Khabarmetro.com)– Kasus Covid-19 di Provinsi Riau kembali mengalami peningkatan drastis, hitungan berapa hari belakangan ini penambahan pasien terkomfirmasi positif Covid-19 mencapai angka 1000 pasien dengan total akhir sudah berada di angka 23.553 kasus.

Penambahan Kasus Covid-19 di Riau tersebut, termasuk level mangkhawatirkan jika dibandingkan beberapa daerah lain di Indonesia. Dimana untuk peningkatan tertinggi masih tejadi di Kota pekanbaru.

Penambahan Kasus Covid-19 di Riau tersebut merupakan hasil dari tracking dan kontak erat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya. Termasuk temuan baru yang juga merupakan bukti masih rendahnya kedisplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan abai mendapatkan 3M.

Hal tersebut di sampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir dikatakannya jika dari data tim Satgas Covid-19 Riau, penambahan kasus Covid-19 di Riau di prediksi masih meningkat. Untuk itu ia kembali menghimbau masyarakat agar terus waspada dan mematuhi protokol kesehatan mauoun menerapkan 3M atau 4M.

“Beberapa hari belakangan ini penambahan angka terkomfirmasi positif Covid-19 di Riau masih mencapai angka 1000-an yang setiap hari rata-rata diatas 100 hingga 200-san pasien. Untuk itu kita berharap ini bisa jadi acuan bagi masyarakat untuk tidak lalai dan mengabaikan protokol kesehatan,” katanya. Ahad (20/12) di Pekanbaru.

Selain itu, Mimi juga menghimbau bagi masyarakat yang melakukan mudik dalam rangka menyambut hari raya Natal maupun tahun baru 2021 depan. Diharapkan untuk bisa menjaga protokol kesehatan dan menerapkan 4M dengan baik ahar bisa terhindar dari penularan Covid-19. Khusunya bagi masyarakat yang bepergian pada daerah yang termasuk daerah terjangkit Covid-19.

“Kita berharap pada libur panjang akhir tahun ini tidak terjadi peningkatan. Apa lagi menjadi kluster yang tidak kita harapkan seperti sebelumnya,” harapnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran pada hari raya Natal, tahun baru dan libur panjang ini, ia mengaku Pemprov Riau telah menyiapkan ratusan dokter spesialis dan perawat di setiap rumah sakit dan puskesmas. Temasuk pada posko pengamanan terpadu yang akan standby 24 jam dengam sistim shift.

“Kita juga melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat yang melakukan perjalanan. Sehingga masyarakat yang melakukan perjalanan tetap aman dan sehat serta bisa terhindar dari penularan Covid-19,” tuturnya.

Sosialisasi tersebut tambahnya, juga dilakukan melalui imbauan-imbauan kepada masyarakat dan juga melalui media, baik itu koran, televisi maupun spanduk. “Kita berharap upaya ini dapat menjadi perhatian masyarakat apabila melakukan perjalanan untuk keluar kota,” tutupnya.(dre)

Check Also

BEBUAL SAMBIL NGOlah Pikiran yang ditajah oleh Kwarran Binawidya Pekanbaru

Pekanbaru (khabarmetro.com ) – Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Binawidya pada Jumat 30/07/2021 melalui Dewan Kerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *