Sabtu , 23 Oktober 2021

Gubri : Cegah Covid-19, Kita Harus Berikhtiar

PEKANBARU (Khabarmetro.com)–Pemerintah mulai menyusun perencanaan pendistribusian vaksin Covid 19 untuk masyarakat di berbagai daerah se Indonesia.

Sesuai Informasi vaksin tersebut akan di distribusikan akhir tahun 2020 ini kepada seluruh daerah. Termasuk Provinsi Riau yang saat ini masuk daerah terbesar peningkatan kasus Covid-19. Dimana terkait pendistribusian vaksin terebut pemerintah juga telah mengeluarkan peraturan presiden (Perpres) Nomor 99 tahun 2020 tentang pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan Covid 19.

Menaggapi hal tersebut, Gubernur Riau H Syamsuar menyampaikan kepada masyarakat jika untuk penanganan maupun pencegahan penyebaran Covid 19 ini masyarakat tidak hanya mengandalkan pada vaksin tapi juga berdasarkan iktiar dengan bersama-sama disiplin melakukan program pencegahan.

Tambah lagi katanya, untuk vaksinasi ini juga masih belum bisa dipastikan 100 persen dan masih dalam tahap uji coba. Untuk itu masyarakat jangan hanya menunggu atau mengandalkan vaksin tapi tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Karena disiplin menerapkan protokol kesehatan salah satu cara efektif selama ini untuk pencegahan penularan.

“Memang kita sudah dapat info pendistribusiannya, cuma kita juga belum bisa mengandalkan 100 persen. Maka itu untuk pencegahannya kita harus berikhtiar bersama-sama,” kata Gubri, Selasa (20/20)

Selain itu kata Gubri, untuk pencegahan Covid 19 ini kuncinya juga ada pada masyarakat dan tidak hanya pada vaksin. Jika masyarakat bisa dan terus disiplin terkait aturan dan himbau yang telah di sampaikan, maka wabah Covid 19 ini juga akan segera berakhir. Begitu juga sebaliknya jika selama masih tidak mau disiplin maka penyebaran Covid-19 akan terus meningkat dan menyebar dilingkungan masyarakat.

“Saat ini, peningkatan kasus Covid-19 di Riau sudah sangat mengkawatirkan. Rumah sakit sudah pada penuh. Maka itu kuncinya pada kita bersama dan tidak bisa hanya mengharapkan vaksinasi,” ujarnya.

Terakhir, Gubri juga kembali menyampaikan jika untuk menerapkan protokol kesehatan tidaklah berat dan hanya membiasakan diri dari sesuatu yang belum biasa jadi kebiasaan. Seperti menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak yang juga sangat efektif untuk menjaga kesehatan dari virus-virus lainya selain Covid 19.

“Tidak berita juga menerapkan protokol kesehatan itu dan hanya membiasakan diri saja. Kalau sudah terbiasa kita juga akan menjadi kebiasaan kedepannya. Untuk itu mari kita bersama merubah hal ini menjadi kebiasaan kita dalam kehidupan sehari-hari,” tutur mantan Bupati Siak ini. (dre)

Check Also

Plh Kadis Pertanian dan Perikanan Pekanbaru Buka Pelatihan Budidaya Ikan Sistem Bioflock

Plh Kadis Peetanian dan  Perikanan Pekanbaru drh H M Firdaus menyampaikan kata sambutan. PEKANBARU (khabarmetro.com)- …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *