Sabtu , 18 September 2021

Antisipasi Kecelakaan, Petugas Tol Permai Periksa Kondisi Pengemudi dan Kendaraan

PEKANBARU (Khabarmetro.com)– Antisipasi kecelakaan di jalan Tol, Petugas Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) gelar operasi mengantuk (Microsleep) dan kelayakan kendaraan, Rabu (21/10) di titik lokasi res area KM 45.

Adapun pemeriksaan yang dilakukan dalam operasi microsleep tersebut, terkait kondisi pengemudi saat berkendara dan juga kelayakan kendaraan yang dikendarai pengemudi sesuai standar kelayakan dalam aturan.

Menurut, Kabag Operasional Tol Pekanbaru-Dumai, M Fitriandhri, dalam operasi Microsleep tersebut, petugas Tol Permai juga menyediakan tim medis guna pengecekan pengemudi dari penyebaran wabah Covid-19 yang saat ini masih meningkat di Riau. Begitu juga dari pihak Kepolisian yang bertugas di jalan Tol Pekanbaru-Dumai

“Pemeriksaan mulai dilakukan dengan pengecekan suhu badan pengemudi, kondisi mengantuk dan juga kelayakan kendaraan,” kata Andri.

Untuk tindak lanjut, jika ditemukan adanya pengemudi yang dalam kondisi mengantuk. Maka pengemudi lansung disarankan untuk istirahat di tes area yang telah disediakan. Termasuk jika ditemukan adanya gejala suhu badan yang tinggi juga akan lansung ditindak lanjuti oleh tim medis.

“Operasi ini juga mengingat kejadian kecelakaan yang terjadi di jalan tol sejak di resmikan beberapa waktu lalu yang sudah mencapai sebilan kali kejadian. Dengan korban jiwa ditempat sebanyak satu orang,” jelasnya.

Sedangkan untuk kelayakan kendaraan jelas Andri, pemeriksaannya akan dilakukan oleh pihak kepolisian sesuai aturan yang berlaku. Dimana jika memang ditemukan pelanggaran atau tidak layak akan ditindak lanjuti sebagaimana mestinya. “Artinya pemeriksaan kelayakan itu juga demi keselamatan pengendara yang merupakan kewenangan pihak kepolisian,” ujarnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Panit Patroli PJR Polda Riau, M Ramelan, Dikatakannya jika untuk kelayakan kendaraan tersebut akan dilakukan pemeriksaan sesuai prosedur kelayakan kendaraan. “Jika memang ditemukan akan ditindak lanjuti sesuai hukum berlaku,” katanya.

Terkait pengamanan di jalan tol tambahnya, Polda Riau juga menempatkan sebanyak 19 petugas yang melakukan patroli secara bergantian setiap hari. Dimana tugas dalam patroli tersebut melakukan pengawasan dan mengingatkan pengendara untuk terus berhati-hati dalam berkendara.

“Selama patroli kita menghimbau kepada pengemudi untuk mematuhi kecepatan sesuai yang telah ditentukan. Dan kita juga akan membunyikan sline setiap berpapasan dengan kendaran yang bisa menghilangkan perasaan mengantuk pada pengemudi,” tuturnya.(dre)

Check Also

Pemkab Inhu Permudah  Transaksi Melalui Aplikasi “Bela Pengadaan”

Bupati : Pemerintah Perlu Memberikan Kesempatan Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil    INHU (Khabarmetro.com)– Untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *