Jumat , 30 Juli 2021

Grand Desain Promosi Wisata Kampar, Media Sosial dan Platform Digital dan Media Masa Menentukan

David Hendra, Kabid Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar

 

BANGKINANG, (Khabarmetro.com)-– Industri pariwisata Kabupaten Kampar memberikan peluang kerja yang cukup luas bagi masyarakat. Potensi kini tengah digarap serius oleh pemerintah.

“Selain membuka peluang kerja sebanyak-banyaknya, pengembangan pariwisata juga bisa berefek positif bagi sektor lain seperti berdampak pada sektor pertanian, perikanan dan perkebunan serta beberapa sektor ril lainnya sekaligus,” kata David, kepada wartawan, Selasa (2/3/202).

Yang penting kata dia, bagaimana daerah menata spot-spot wisata yang ada, “Sawah misalnya, kalau ditata dengan baik bisa menarik pengunjung. Tergantung seperti apa konsep pengembangan yang dikemas,” ujar David, Selasa (2/3/2021).

Bahkan sektor perikanan bisa digabung dengan pola sistem Mina Padi yang tentu saja akan semakin memberi daya tarik lebih kepada orang untuk datang berkunjung.

“Kebun sawit di Tapung misalnya, bisa dikemas dengan apik, sawit yang sudah tinggi-tinggi dibuat dibawahnya yang rindang ternak sapi, atau ayam ribuan ekor dilepas bisa memicu orang untuk terus datang,” karena ini kan unik,” ungkap David.

“Beternak ayam ribuan, kita lepas. Yang ngasi makannya pengunjung. Pakan kita bungkus kecil-kecil untuk diberi ke ayam demikian juga dengan ikan. Kalau begitu konsepnya, keuntungan kita akan menjadi 200 persen,” ungkap dia

Kabid David Hendra Bersama Tim Promosi Dinas Pariwisata Kampar Berfoto Bersama di Objek Wisata Sungai Sunsang

 

Dia mengakui, infrastruktur masih menjadi faktor penting untuk mendongkrak sektor pariwisata. Karena Kata David, faktor pendorong orang dari Pekanbaru dan daerah lainnya untuk datang ke Kampar khususnya ke Bangkinang karena disebabkan oleh mudahnya akses infrastruktur jalan maupun jembatan.

“Tinggal lagi bagaimana kita membangun infrastruktur seperti jembatan, jalan menuju objek wisata. Harapan kita, dengan ditingkatkannya kualitas infrastruktur, akan memicu peningkatan pada tingkat kunjungan objek wisata. Dengan demikian, bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat pelaku pariwisata,” ucap dia.

Upaya untuk membesarkan wisata Kampar tidak terlalu berat. Sebab, lanjut David, Kampar punya potensi keindahan alam yang tersebar di berbagai wilayah, seperti di 5 Koto, Rantau Kampar Kiri, XIII Koto Kampar, Siak Hulu dan wilayah Tapung Raya.

Kemudian faktor lain agar industri wisata Kampar bisa maju karena adanya dukungan yang cukup besar dari APBD untuk membangun infrastruktur pendukung maupun untuk mengembangkan objek wisata yang ada.

Selain itu, menurutnya, sektor yang tidak kalah penting dalam mendongkrak sektor wisata ialah pengembangan industri kreatif seperti pengrajin souvenir atau marchandise (oleh-oleh) yang akan dijual kepada pengunjung yang datang perlu pula dilakukan pembinaan.

Soal peningkatan sumber daya manusia pelaku wisata, masih perlu waktu. Dia menyebut, upaya pembinaan ini adalah kerja terus-menerus tanpa henti. Di samping itu masyarakat pelaku wisata memerlukan contoh langsung.

“Penyadaran dan edukasi masyarakat itu perlu waktu panjang. Harus kita beri contoh langsung. Kita tetap optimis ke depan masyarakat kita akan dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan,” katanya.

Menyangkut promosi, David optimis karena peluang itu terbuka lebar berkat perkembangan dunia digital terutama di platform media sosial. Termasuk peran influencer dan media massa juga berperan besar.

Kata David, informasi yang disajikan media massa betul-betul akan menjadi reverensi bagi publik untuk menentukan akan mengunjungi suatu spot wisata yang ada di Kampar.

David menjelaskan, sebagai pendukung industri pariwisata, dibutuhkan maskot yang bisa dijual sebagai souvenir. Maskot Kabupaten Kampar yang bisa dibuat sebagai souvenir yang akan menjadi oleh-oleh bagi orang yang berkunjung ke Kampar ialah souvenir Candi Muara Takus, Rumah Lontiok dan Masjid Jami’ di Air Tiris. (naz)

Check Also

KPU Inhu Hibahkan APD Kepada Pemda Inhu

PEMATANGREBA (Khabarmetro.com)–  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) hibahkan Barang Milik Negara (BMN) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *