Sabtu , 23 Oktober 2021

DLHK Provinsi Riau, Perusahaan Harus Ikut Bantu Cegah Karhutla 

PEKANBARU, (Khabarmetro.com)–Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, Makmun Murod minta seluruh perushaan besar di Riau ikut bantu cegah
Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau. Terutama perusahaan perkebunan dan kehutanan yang ada di bernagaindaerah di Riau.

Hal tersebut disampaikan, Makmun Murod saat menggelar pertemuan dengan beberapa perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan kehutanan, Kamis (4/3) di Kantor DLHK Riau. Dikatakannya jika perusahaan perkebunan dan kehutanan sangat berperan penting dalam mencegah terjadinya Karhutla. Terutama di sekitar wilayah perkebunan perusahaan.

“Saya minta pihak perusahaan juga membantu peralatan pemadam kebakaran kepada masyarakat di sekitar konsesi perusahaan. Khususnya didaerah-daerah yang rawan kebakaran lahan,” katanya.

Murod juga meminta kepada pihak perusahaan agar bisa mengajak tokoh agama, ulama, pendeta, tokoh masyarakat untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Karena merubah habit (kebiasaan) masyarakat ini yang penting. Masyarakat harus disandarkan jangan membuka lahan dengan cara membakar. Perusahaan harus bisa mendanai kegiatan ini, dengan melibatkan para ulama dan mubaligh untuk berpartisipasi untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat,” ujarnya.

Pertemuan ini dihadiri oleh sejumlah perusahaan besar di Riau yang bergerak dibidang perkebunan dan kehutanan. Diantaranya  PT RAPP, PTPN V, PT. Arara Abadi, PT. Asian Agri dan PT Sambu. (dre)

Check Also

Plh Kadis Pertanian dan Perikanan Pekanbaru Buka Pelatihan Budidaya Ikan Sistem Bioflock

Plh Kadis Peetanian dan  Perikanan Pekanbaru drh H M Firdaus menyampaikan kata sambutan. PEKANBARU (khabarmetro.com)- …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *