Minggu , 5 Desember 2021

Ditetapkan Mendagri, Pelantikan Chairul Riski Pj Bupati Inhu Tunggu Jadwal Gubri 

 

PEKANBARU, (Khabarmetro.com)– Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tetapkan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Riau, Drs Chairul Riski sebagai Pj Bupati Indragiri Hulu (Inhu).

Penetapan tersebut melalui Surat Keputusan (SK) Nomor 131.14.646 Tahun 2021 Tentang Pengangkatan Pj Bupati Inhu yang sudah diterima Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan tinggal penetapan jadwal pelantikan oleh Gubernur Riau.

Sesuai perencanaan pelantikan Chairul Riski menjadi Penjabat (Pj) Bupati Inhu tersebut, akan dilaksanakan secepatnya bisa langsung melaksanakan tugas dipemerintahan yang tidak boleh kosong sesuai aturan.

Menurut Kepala Biro Tata Pemerintahan dan administrasi, Pemprov Riau, Sudarman, mengatakan, untuk jadwal pelantikan Chairul Riski sebagai Pj Bupati Inhu tersebut, tinggal menunggu jadwal dan arahan dari Gubernu Riau, H Syamsuar yang sebelumnya sudah dilaporkan.

“Kita sudah laporkan kepada bapak gubernur dan jadwalnya kita menunggu atasan dari bapak gubernur karena beliau yang akan melantik la aing,” katanya.

Dijelaskan Sudarman, jabatan Chairul Riski sebagai Pj Bupati Inhu cukup lama, karena sesuai dengan arahan dari hasil Mahkamah Konstitusi (MK), mulai tanggal 24 lalu ditetapkan Pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan kepala daerah Inhu, paling lama satu bulan setelah keputusan MK.

“Untuk jabatannya yang penting itu sesuai batas waktu PSU dari MK 30 hari dari tanggal hasil sidang MK. Setelah itu ditetapkan hasil Bupati terpilih. Kemudian, menunggu lagi SK dari Menteri penetapan Bupapti teripilih, sampai jadwal pelantikan itulah jabatannya, lama juga,” kata Sudarman.

Untuk tugas Pj Bupati Inhu sendiri, yang pertama jelas sebagai Pj menjalankan roda organisasi di Pemerintahan Inhu. Menjalankan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Inhu selama pelaksanaan PSU.

“Tugas utama Bupati tentu sebagai Pj banyak tugasnya, termasuk menjaga netralitas ASN, menjaga kondusifitas daerah untuk pilkada, kalau teknis pelaksanaan itu KPU,” tutup Sudarman.(dre)

Check Also

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Ini Dia Kegiatan yang Ditaja Dinsos Riau

Setelah Lama Tertunda, Lomba dan Pelepas Dahaga Dinas Sosial Riau mengadakan aneka perlombaan sempena Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *