Sabtu , 25 September 2021

Didampingi Sekcam Kades Jaswir Resmikan Unit Mekar Wangi Milik BUMDesa Mekar Jaya Pakning Asal

Bengkalis (Khabarmetro.com) – Kepala Desa Pakning Asal Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, Jaswir di dampingi Sekretaris Kecamatan Bukit Batu meresmikan Satu Unit Mekar Wangi salah satu usaha baru milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDESA) Mekar Jaya.

Peresmian tersebut, bertempat di Jalan Jendral Sudirman Dusun Sukajadi. Di hadiri oleh Sekretaris Kecamatan Bukit Batu Jundi Mustari, Korcam, Kades Pakning Asal Jaswir, Humas Pertamina Rahmat Hidayat yang di wakili Proper CSR, PDE PD, Ketua BPD, TP PKK, Kadus dan Pengurus BUMDESA Mekar Jaya beserta Jajarannya berserta tamu undangan.

pantauan wartawan khabarmetro.com acara peresmian berjalanan baik dan sukses dan acara mengikuti protokol kesehatan dengan mengunakan masker dan cuci tangan yang telah di siapkan.

Dalam sambutannya, Jundi Mustari memberikan Apresiasi Kepada BUMDES Mekar Jaya Pakning Asal pimpinan Wirda Nasution SPd dengan usaha barunya unit Mekar Wangi yang memproduksi Hand Sanitizer. Dan ini bisa menjadi contoh untuk desa lainnya.

“Alhamdulillah, saat ini unit Mekar Wangi telah melakukan penyulingan daun serai wangi yang dijadikan minyak sehingga menghasilkan produk Hand Sanitizer, dan harapan kedepan juga akan memproduksi turunannya seperti sabun, pembersih lantai dan lainnya yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,”tuturnya.

Sekcam Jundi Mustari juga mengatakan bahwa karena nama unitnya Mekar Wangi, tidak salah jika di kembangkan produk produk lain yang berhubungan dengan wangi wangi, seperti daun Nilam.

“Harapan saya dengan adanya usaha baru BUMDes ini bisa membantu perekonomian masyarakat, kenapa demikian, dalam proses pengolahan seperti serai wangi tentu butuh bahan bakunya serai wangi. Pemerintah desa bisa menganjurkan warga untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam serai wangi yang dapat dijual ke unit Mekar Wangi, dan fungsikan kembali program Dasa wisma, PADes meningkat perekonomian masyarakat terbantu,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pakning Asal Jaswir mengatakan bahwa Bumdes Mekar Jaya membuka usaha baru sudah masuk kategori usaha yang ke 3.

“Unit Usaha Pertama USP simpan pinjam, Kedua Bumdesmart dan yang ke Ketiga Mekar Wangi,”ujarnya.

Selain itu, Jaswir menyampaikan BUMDESA Mekar Jaya memproduksi 450 liter Hand Sanitizer selama 2 bulan seperti Hand Sanitizer ciri khas penyulingan minyak serai wangi.

“Semoga kedepan BUMDES Mekar Jaya kedepan bisa memproduksi jenis bahan baku lainnya seperti sabun ber-aroma serai wangi. Dan untuk itu kita Pemerintah desa juga berharap kepada pihak terkait juga bisa mempromosikan usaha baru ini, dan tentu setelah uji kelayakan,”ungkapnya.

Kemudian tidak lupa kami pemerintah desa Pakning Asal ucapkan terimakasih kepada pihak Pertamina yang sudah membantu dalam memfasilitasi BUMDesa,terutama izin menempati bangunan kantor.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, menandakan Bumdes Mekar Jaya dnegan usaha barunya diresmikan. (Cok)

Check Also

Riza Damanik, Ketum DPP Iskindo Terpilih Periode 2021-2026

Kongres III Berjalan Lancar Ketum DPP Iskindo Riza Damanik (tiga kanan) usai terpilih pada Kongres …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *