Minggu , 20 Juni 2021

Cek Pembangunan Sungai Kumango di Usia 44 Tahun

 

PASIRPENGARAIAN (khabarmetro.com)–Di usia Desa Sungai Kumango ke-44 Tahun telah banyak mengalami perubahan dan kemajuan terutama disektor Infrastruktur. Pasalnya, setiap tahun Desa Sungai Kumango terus mendapat Porsi Pembangunan dari Pemkab Rohul. Oleh karena itu, Pemdes dan masyarakat dituntut berinovasi dan kreativitas untuk pembangunan desa lebih maju.

Pernyataan itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si mewakili Bupati Rohul H. Sukiman, saat menghadiri Hari Lahir Desa (Harlades) Ke-44 Desa Sungai Kumango, Kecamatan Tambusai, Rohul, Sabtu (13/3).

Peringatan Harlades Desa Sungai Kumango Ke-44 ini dengan mengusung tema “ Ingat Sejarah, Dengan Konsep Kebersamaan Desa Sungai Kumango Terus Lebih Maju,” turut dihadiri Ketua DWP Rohul Hj Neti Herawati, Anggota DPRD Rohul Riyomi Irsan, Camat dan Kapolsek Tambusai, Lurah Tambusai Tengah, Kades Sungai Kumango dan masyarakat.

Lanjut Abdul Haris, Desa Sungai Kumango sama halnya dengan Desa lain, keunggulannya Desa Sungai Kumango hari ini pembangunan infrastruktur sudah banyak dilakukan, Termasuk pembangunan aspal, Gerbang Kuala Tambusai, dan pembangunan infrastruktur lainnya.

“Dulu Didusun ini jalan menuju Surau Suluk Kuala Tambusai ini belum diaspal, masih jalan tanah, Tapi hari ini sudah diaspal Pemkab, demikian juga dengan pembangunan infrastruktur lain  seperti sarana-sarana di Desa kantor desa, Bumdes semuanya sudah dibangun,” ujarnya

“Jadi di Desa Sungai Kumango ini cukup banyak yang dibangun Pemkab Rohul, termasuk juga hari ini akan membangun Embung di sisi perkebunan yang dijadikan Kampung tangguh, nanti diharapkan bisa dilaksanakan pertanian berkelanjutan di kampung tangguh dengan ketersedian air yang memadai dan mendorong penyediaan air bersih di Desa Sungai Kumango yang hari ini sedang dilakukankan,” jelas Sekda

Diakui Sekda, Pemkab juga mengapresiasi Desa Sungai Kumango diusianya yang ke-44 tahun ini luar biasa, karena di Desa Sungai Kumango ini terus berinovasi.

“Kita melihat banyak hal-hal yang dilakukan di Desa Sungai Kumango yang pantas dan patut kita acungi Jempol, terutama keberadaan Kampung tangguh ini bisa menjamin untuk ketersediaan pangan di Desa Sungai Kumango, yang dikembangkan di seluruh dusun-dusun,” ujarnya

“Dengan adanya Kampung tangguh di Desa Sungai Kumango, kemudian juga adanya kreativitas masyarakat dari inovasi produk-produk yang bisa digunakan oleh seluruh masyarakat baik di Desa Sungai Kumango  maupun di luar desa, baik kebutuhan rumah tangga maupun juga produk makanan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Kumango Ali Usin Hasibuan mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Rohul yang telah membuat kebijakan pembangunan infrastruktur di Desa Sungai Kumango. Namun demikian, Ia mengaku warganya masih membutuhkan sarana ketersediaan air bersih.

“Yang masih dibutuhkan Pembangunan, Pertama Alhamdulillah seperti yang disampaikan pak Sekda, dari sisi masyarakat menyampaikan dari tahun ke tahun ada perubahan peningkatan kemajuan di bidang pembangunan dan pemberdayaan kemasyarakatan,” katanya

“Karena setiap tahunnya di Desa Sungai Kumango ini ada perhatian khusus setiap tahunnya dari Pemkab Rohul, kita dapat seperti aspal, kemarin jalan tanah tapi kini sudah diaspal. Kedepan masyarakat berharap memang adanya sarana air bersih,”

Dijelaskan Ali Usin, ketersediaan air bersih didesanya masih kurang, karena desanya sangat luas 187 KM2 dengan estimasi penduduknya 8700 jiwa, secara bertahap dilakukan terutama masalah air bersih beberapa titik, Tahun 2021 akan dibangun di Dusun 3 Padang Jawa akan bangun PAM.

“Nantinya kita upayakan sumber airnya dari sungai Batang Kumu, tidak lagi berbentuk sumur bor kedalam, jadi kita tarik melalui mesin upaya kita menciptakan air bersih untuk masyarakat Padang Jawa dusun 3 Desa Sungai, itu harapan dan kebutuhan masyarakat hari ini dalam ketersediaan air bersih,” jelasnya

Ia juga menjelaskan, Rangkaian HUT Desa Sungai Kumango ke 44 diawali dengan Panen Padi dilahan Kampung Tangguh dilahan selua 4,7 Hektar, yang terdiri 8 Kelompok tani berhasil panen Padi Gogo sebanyak 5,6 Ton.

“Itu yang pertama kegiatan awal Harlades Desa Sungai Kumango ke-44, Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan masyarakat antara lain dari segi olahraga, khususnya di Volleyball dari semua kalangan pemuda pemudi dan ibu-ibu, orang tua serta para kader lengkap semua main sudah final tanggal 11 Maret 2021,”

“Dilanjutkan dengan Gebyar PAUD, Lomba tarian antar anak PAUD yang ada di Desa, karena ada 3 PAUD di desa ini. Kemudian ada lomba tahfidz Quran yang sekarang masih berlangsung di dalam masjid Baiturrahman Kuala Tambusai, Nanti habis asar kita akan buka lagi terakhir kegiatan lomba pacu sampan tradisional di belakang ditepian Surau Suluk,” tandasnya.(sal)

Check Also

Rezita Meylani Resmi Dilantik Sebagai Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Inhu

  INHU (Khabarmetro.com)– Rezita Meylani Yopi, SE resmi dilantik sebagai Ketua Pimpinan Cabang Muslimat Nahdatul …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *