Sabtu , 25 September 2021

Camat Ruslan: PT EDI Layak Jadi Contoh

KUNTODARUSSALAM (khabarmetro. Com) –Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSJP) yang lebih dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sarana yang tepat untuk memberdayakan masyarakat. CSR merupakan komitmen perusahaan dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar perusahaan. Dengan CSR, target SDG’s atau Sustainable Development Goal’s dapat tercapai dengan baik.

Salah satu anak usaha PT Astra Agro Lestari Tbk yang bergerak pada perkebunan kelapa sawit telah mengimplentasikan program TJSP adalah PT Eka Dura Indonesia (PT EDI) yang terletak di Kabupaten Rokan Hulu.

PT EDI sangat berperan aktif dalam pembangunan Kabupaten Rokan Hulu terutama Desa ring satunya.

Administratur PT EDI, Sumarno menjelaskan bahwa program CSR yang sudah dijalankan PT EDI. Dalam bidang Pendidikan, PT EDI selalu konsisten setiap tahun membagikan Beasiswa bagi siswa kurang mampu berprestasi, Insentif bagi guru sekolah ring 1, Pemberian bantuan sarana dan prasaran olahraga, Pembangunan fisik sekolah, dan peningkatan kompetensi guru.

“PT EDI juga memberikan perhatian pada peningkatan kesehatan di Desa ring 1 seperti pemberian makanan tambahan (PMT) untuk Posyandu Desa, Pelatihan Kader Posyandu, sunatan masal dan melaksanakan donor darah bekerjasama dengan PMI Rokan Hulu,” kata ADM Sumarno kepada wartawan, belum lama ini.

Tidak hanya itu, sambungnya PT EDI juga memprioritaskan perbaikan jalan, pencucian sungai, penanaman Pohon pelindung di sepadan sungai, budidaya tanaman buah langka, semenisasi parit desa dan memberikan support bagi Sekolah untuk menjalankan Program lingkungan Adiwiyata merupakan program CSR dibidang lingkungan PT EDI.

Di bidang Ekonomi, PT EDI juga selalu
berperan aktif dalam membantu UMKM masyarakat desa sekitar seperti pemberian cangkang untuk rebusan air isi ulang, Bantuan budidaya ikan, dan pelaksanaan program IGA (Income Generating Activity) sawit dan non sawit serta pembuatan kebun plasma pola KKPA.

“Selain melaksankan program CSR Rutin setiap tahun, PT EDI juga selalu berperan aktif dalam membantu pemerintah dalam memutus Penyebaran covid-19,” lanjut Sumarno. Adapun upaya PT EDI dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 antara lain dengan penyemprotan disinfektan, membagikan masker dan tempat cuci tangan di desa sekitar perkebunan.

Camat Kunto Darussalam, Ruslan, S.Sos blak-blakan menyebutkan bahwa implementasi penyaluran program Corporate Responsibilty (CSR), sebaiknya sejumlah perusahaan lain yang ada di Kecamatan Kunto Darussalam, dan Kabupaten Rohul banyak belajar dan meneladani PT Ekadura Indonesia.”

Menurut Ruslan, semua desa dilingkungan perusahaan PT EDI selalu mendapat sentuhan Program CSR yang digulirkan PT EDI.

“Kami berharap kerjasama antara perusahaan PT EDI dengan masyarakat dan pemerintah dapat terjaga dan kedepan hubungan silaturrahmi ini dapat dibangun lebih erat lagi,” tambah Ruslan.

Ruslan mengakui, dari banyak perusahaan perkebunan sawit yang ada di Kecamatan Kunto Darussalam, yang maksimal dalam memberikan TJSP-nya lewat program CSR-nya barulah PT EDI. “Untuk itu, kita minta dengan perusahaan lain yang ada di Kuntodarussalam hendaknya dapat mencontoh PT EDI dalam melaksanakan TJSP lewat program CSR-nya,” pungkas Ruslan.(sal)

Check Also

Diundur, GAPKI Riau Komitmen Dukung Program Vaksinasi Sektor Perkebunan*

Pengurus GAPKI Riau saat melaporkan persiapan Program 1 Juta Vaksin kepada Gubernur Riau, Syamsuar beberapa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *