Jumat , 2 Desember 2022

BUMDesa Jaya Utama Raih Laba Tertinggi Keempat se-Rohul

RAMBAH HILIR (khabarmetro.com) -Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Jaya Utama, Desa meningkatkan Sisa Hasil Usaha (SHU). Bahkan BUMDesa Jaya Utama ini berhasil naik 10 tangga, yang sebelumnya nomor 14 se Rohul, sekarang Peringkat 4 Bumdesa se-Rohul dengan angka SHU 250 juta.

“Alhamdulillah BUMDesa Jaya Utama tahun ini mengalami peningkatan, meskipun ditengah Pandemi, namun tidak berpengaruh signifikan, bahkan peringkat BUMdesa kita sekarang nomor 4 se Rohul, sebelumnya peringkat 14,” kata Kepala Desa Pasir Utama Sutarji disela acara Musyawarah PertanggungJawaban Tahunan BUMDesa (MPTB) tahun buku 2020, Selasa (23/2)

Dalam agenda MPTB tersebut, tampak juga hadir Camat Rambah Hilir Adi Irawan SSTP, Kepala Desa Pasir Utama Sutarji, Direktur BUMDes Jaya Utama Dimyati ST, Kasi Pem. DPMPD Rohul, Pengurus Korkab BUMDesa Rohul serta masyarakat Desa Pasir Utama.

Keberhasilan itu diakui Sutarji, berkat inovasi dan banyak cara yang dilakukan Dirut serta pengurus BUMDes Jaya Utama untuk meningkatkan unit Usaha yang dikelola oleh BUMDesa Jaya Utama.

“Salah satunya kita perlu kerjasama yang baik antar pelaku BUMDes dan Pemerintah Desa serta masyarakat sebagai pemanfaat BUMDesa,” ungkap Sutarji

Diakui Kades Pasir Utama, Kepala Desa juga memiliki peranan aktif dalam pengelolaan BUMDes yakni sebagai penasehat, sehingga diperlukan kerjasama yang baik antara Pemdes dan BUMDes dalam menerapkan kinerja yang baik.

“Sehingga kita dapat bekerjasama dalam memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha dan masyarakat tentang pentingnya keberadaan BUMDes di Desa ini,” tambah Kades.

Lanjut Sutarji, walaupun di tengah Pandemi Covid-19, BUMDes Jaya Utama tetap eksis dan menghasilkan Sisa Hasil Usaha (SHU) untuk tahun buku 2020 sekitar Rp 250 juta atau mengalami peningkatan sebesar Rp 91 juta dari tahun 2019.

“Tentu kedepan kita berharap dibawah kepemimpinan Direktur baru ini, mampu berinovasi untuk mengembangkan usaha baru, apapun usahanya yang sifatnya untuk kemajuan BUMDes,” tambah Kades.

Ditempat yang sama, Direktur BUMDesa Jaya Utama Dimyati, ST mengakui terdapat tiga unit bidang usaha yang saat ini dikembangkan oleh BUMDes Jaya Utama, antara lain bidang usaha Simpan Pinjam, Saprodi dan kredit barang.

“Meski saya baru 6 bulan menjabat sebagai Direktur BUMDes Jaya Utama, tapi saya dan pengurus BUMDesa komit untuk melakukan inovasi dan akan menambahkan unit usaha,” kata Dimyati

Tambag Dimyati, untuk tahun 2021, BUMDes Jaya Utama menambah dua unit usaha lain, yakni Pangkalan Gas 3 Kg bersubsidi dan Bank sampah.

“Saat ini BUMDesa Jaya Utama mendapat prediket peringkat ke empat penghasil SHU terbanyak se BUMDes Rokan Hulu. Mudah-mudahan dengan terobosan dan inovasi yang dilakukan BUMDesa ini bisa berkembang dan untuk kesejahteraan masyarakat Desa Pasir Utama.

Dikegiatan MPTB tersebut, Pengurus BUMDesa Jaya Utama juga memberikan doorprize kepada masyarakat Pemanfaat Bumdesa dengan hadiah utama Seperti Mesin Cuci, Lemari serta hadiah hiburan.(sal)

Check Also

Sukses Remajakan Sawit, Jatmiko CEO Terbaik se- Indonesia

Pekanbaru – Jatmiko Krisna Santosa, Direktur PT Perkebunan Nusantara V berhasil meraih penghargaan sebagai satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.