Senin , 2 Agustus 2021

Ayat Cahyadi Buka Giat Kemanusiaan Bangkitkan Ekonomi Kreatif, UMKM LIRA Pekanbaru Ikuti Bazar Forkindo

PEKANBARU (Khabarmetro.com) – Gubernur Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Munahar S Sos, apreasiasi dan support penuh tim DPD LIRA Pekanbaru melalui Dinas Ekonomi dan Pembangunan LIRA Kota Pekanbaru mengikuti Giat Kemanusiaan yang ditaja Forum Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Forkindo). Giat Kemanusiaan ini berupa donor darah, donasi bantuan dhuafa dan bazar UMKM serta senam sehat aerobic bersama Mr Sasa di halaman Hotel Toptel Pekanbaru, Rabu (17/02/2021).
Penggiat ekonomi kreatif LIRA Kota Pekanbaru di bawah Walikota LIRA Sucipto melalui UMKM binaan Sub Dinas UMKM LIRA Kota Pekanbaru Susi Susilawati, bimbingan Kepala Dinas Ekonomi dan Pembangunan LIRA Pekanbaru Agus Eko turut berperan serta atas beberapa kegiatan kemanusian. Khususnya peran penampilan Ekonomi Kreatif rumah tangga dari ibu-ibu tangguh LIRA yang sudah berjalan lama menjalankan keterampilan tangan hasil karya sendiri, tukas Munahar kepada wartawan di Pekanbaru.
Ketua Pelaksana Pulji Koto mengatakan, Giat Kemanusian ini dilakukan berkat kerjasama Toptel dengan Forkindo yang diselenggarakan pada Hari Rabu sampai Jumat besok Tanggal (19/02) di area Hotel Toptel, Pekanbaru. Di dalam aksi kemanusiaan tergabung di dalamnya donor darah, donasi bantuan dhuafa dan bazar UMKM serta senam sehat aerobic bersama Mr Sasa, juga ada lomba masak mie sagu di halaman Hotel Toptel Pekanbaru.
Dimana dimasa Pandemi ini, masih banyak membutuhkan darah bagi teman-teman di rumah sakit maupun bagi keluarga kita yang membutuhkannya, maka salah satunya kita libatkan disini dari PMI bisa menampung atas giat donor darah ini, ujar Ketua Pelaksana Pulji Koto.
Kemudian katanya, untuk kegiatan bazar-bazar kita melibatkan pelaku UMKM agar dapat meningkatkan ekonomi kembali saat pandemi ini. Supaya bergairah kembali ekonomi masyarakat, dimana sudah satu tahun ini pandemi kita lalui, maka kita bangkitkan kembali melalui bazar-bazar seperti ini, tukasnya singkat.
Sementara itu Ketua Sub Dinas UMKM LIRA Pekanbaru, Susi Susilawati saat dimintai keterangannya mengatakan, peserta Bazar Produk UMKM dihimbau atas produk kreatifitas kader LIRA dapat meramaikan bazar UMKM baik itu kuliner maupun keterampilan tangan. Alhamdulillah dari kelompok LIRA sendiri banyak turut serta dengan masing-masing kreatifnya.
Baik tim ekonomi kreatif di pengurus DPD Kota Pekanbaru seperti kelompok Mbak Kokom, Alfisyah, Buk Putri, dan Kelompok Desi Fitriani. Juga ikut kelompok dari DPW LIRA Provinsi Riau seperti dari kelompok Tengku Herawati dan kelompok Rosmala, ujar Susi.
Dikatakannya, UMKM LIRA bergerak cepat mendukung program pemerintah atas pengembangan ekonomi kreatif melalui UMKM. Karena program ini, turut mendorong penguatan ekonomi masyarakat di Tengah Bencana Non Alam Covid-19.
Giat UMKM LIRA ini akan terus kita galakkan dan terjun langsung bekerja sama dengan penggiat Relawan Jumat Barokah (RJB) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA). Dimana giat sosial tadinya bisa saling sinerji bersama penggalakan UMKM di tengah-tengah masyarakat banyak, papar Susi.
Sementara itu, Kepala Dinas Ekonomi dan Pembangunan LIRA Kota Pekanbaru, Agus Eko menyampaikan acara yang ditaja Forkindo Pekanbaru ini bagian giat kemanusiaan. Dan tampak yang hadir pada pembukaan acara Wakil Walikota Pekanbaru H Ayat Cahyadi sekaligus membuka acara.
Juga hadir Kadis Disperindagkop Provinsi Riau yang diwakili oleh Kabid UMKM Romi, serta Camat Payung Sekaki dan Lurah setempat dan dari DPW LIRA Kennedy Santosa mendampingi tim ekonomi kreatif.
Rangkaian acara dirangkum sangat spesial dan diramaikan Topotel, Topkuliner, Forkindo PMI, IZI, Hidro Coco, Penerbit Erlangga
 dan LIRA serta masyarakat undangan lainnya. Dimana rangkaian acara, Bazar Produk UMKM, Senam Bersama Intruktur Mr. Sasa, Donor Darah, Pelatihan Pembuatan Piring Lidi, serta dengan hiburan pada Hari Kamis (18/02) besok, tukas Agus Eko singkat. (Rls/Km)

Check Also

BEBUAL SAMBIL NGOlah Pikiran yang ditajah oleh Kwarran Binawidya Pekanbaru

Pekanbaru (khabarmetro.com ) – Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Binawidya pada Jumat 30/07/2021 melalui Dewan Kerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *