Sabtu , 19 Juni 2021

Yopi Arianto Serahkan LKPD Kepada BPK RI Perwakilan Riau

 

Pekanbaru, (Khabarmetro.com)–  Bupati Indragiri Hulu (Inhu) H. Yopi Arianto, SE di sisa masa jabatan periode keduanya menyempurnakan tugasnya dengan menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2020 kepada BPK RI Perwakilan Riau di Pekanbaru, bertempat di Kantor BPK RI Perwakilan Riau Pekanbaru (selasa,16/02/2021)

Acara ini sedianya diikuti oleh beberapa Pejabat Pemerintah Daerah Inhu, namun untuk mengingat protokol kesehatan maka peserta yang diizinkan masuk dibatasi, adapun yang mengikuti acara tersebut diantaranya Sekda Inhu Ir. Hendrizal, M.Si, ketua DPRD Inhu Syamsudin, Ketua Komisi A DPRD Inhu Daniel Eka Perdana, Kepala Inspektorat Inhu Boyke Sitinjak, SE, M.Si. Kepala BPKAD Inhu Ibrahim Alimin, SE, M.PH, dan Direktur RSUD Indrasari Rengat Drg. Sri Dharmayanti.

Sedangkan dari pihak BPK terlihat mendampingi Kepala Perwakilan BPK Prov. Riau Widhi Widayat antara lain Kepala Sub Auditorat Riau I Nelson Siregar, Ketua Tim Pemeriksa Jefri Arnol Sitorus dan Kasubag HUMAS TU Tulus Budi.

Bupati Yopi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas pengarahan yang diberikan BPK sehingga Kab. Inhu dapat meningkatkan pelaporan keuangan dan kinerjanya. Dengan mengikuti pengarahan tersebut, Kab. Inhu pun berhasil meraih berturut-turut empat kali opini wajar tanpa pengecualian (WTP) di dua periode masa kepemimpinan Bupati Yopi Arianto.

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada keluarga besar BPK RI Perwakilan Riau yang saat ini dipimpin oleh Bapak Widhi Widayat yang telah banyak memberikan masukan, nasehat, apresiasi hingga Pemerintah Kab. Inhu dapat meraih penghargaan khususnya pengelolaan keuangan yang sebelumnya jauh dari opini WTP” ujar Yopi.

Di akhir sambutannya Yopi berharap BPK RI perwakilan Riau dapat terus memberikan bimbingan agar laporan keuangan Kab. Inhu semakin baik ke depannya. Dia juga mohon maaf jika dalam pergaulan selama ini mungkin ada hal yang tidak berkenan khususnya dengan keluarga besar BPK RI perwakilan Prov. Riau.

Sementara itu Kepala BPK Perwakilan Prov. Riau Widhi Widayat dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya karena Kabupaten Indragiri hulu merupakan kabupaten pertama di Riau yang menyampaikan laporan keuangannya.

“kabupaten Indragiri Hulu merupakan Kabupaten pertama di Riau yang menyampakan Laporan Keungannya, kami mengapresiasi ini, sebagai bentuk Konsistensi kabupaten yang bukan hanya kejar tayang karena Bupati akan berakhir, namun semua persyaratan memang telah dipenuhi” ujar Widhi.

Selanjutnya Widhi menyampaikan tim pemeriksa akan mulai bekerja melakukan pemeriksaan secara terperinci.

“ini baru langkah awal, setelah ini tim pemeriksa akan mulai melakukan pemeriksaan, dan kami akan berusaha bekerja se objektif mungkin, dengan harapan mudah-mudahan masa bakti Bapak Yopi berakhir dengan mendapatkan penilain keuangan yang baik” tutup widhi.

Adapun Penyerahan LKPD ini sesuai dengan UU No 17 Tahun 2013 pasal 31 tentang keuangan negara, dan Permendagri 13 Tahun 2006 pasal 297 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah, adapun dokumen yang diserahkan sebagai laporan adalah, laporan realisasi anggaran, laporan perubahab SAL, laporan operasional, laporan ekuitas, neraca, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan, dalam laporan ini juga disertai hasil reviu inspektorat kab. Inhu, surat pernyataan pertanggung jawaban kepala daerah, laporan keuangan BUMD tahun buku 2020, dan ikhtisar laporan dana desa tahun anggaran 2020. (sym)

Check Also

RS Awal Bros Grup MoU dengan CBS School Of Communications Jakarta

Tingkatkan Kemampuan Komunikasi foto ki-ka: dr Widya Putri MARS Ketua Regional I RS Awal Bros, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *