Kamis , 15 April 2021

Server Kominfo di Sambar Petir, Pelayanan OPD Terganggu

 

PASIRPENGARAIAN, (Khabarmetro.com)– Komponen Server milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Rokan Hulu (Rohul) pada Ahad (15/2) malam disambar Petir. Sehingga berdampak pada Akses Internet ke sejumlah kantor OPD dilingkungan Pemkab Rohul kurang optimal.

Kadis Kominfo Rohul Drs .Yusmar M.Si didampingi Kabid e-Governmen M. Yudi Arfian mengaku Ada beberapa komponen server disambar petir sehingga menganggu jaringan dan akses internet ke Kantor OPD di Rohul.

“Komponen Server ini diketahui tersambar petir sejak pagi tadi. Jaringan Banwidth untuk keperluan internet dan Intranet dilingkungan Pemda Rohul, sekarang lagi diperbaiki yang ditangani oleh Tim IT dan Tekhnisi dan masih kita dipelajari tapi yang jelas untuk sementara ada gangguan,” ujarnya

Lanjutnya, dalam Server itu terdiri dari beberapa komponen seperti Router yang bermasalah dan kemungkinan akan diganti. Karena Router ini berfungsi untuk menyebarkan jaringan ke kantor OPD di Rohul.

“Server terdiri router yang saat ini bermasalah dan Router itu harus diganti, karena Router ini untuk menyebarkan jaringan ke OPD,  jadi akan dicoba dikonfigurasi ulang, kita saat ini belum mendata persis berapa harganya, tapi harga nya dikisaran 15-20 juta,” jelasnya

Ia mengatakan Server itu merupakan Pusat data, jadi data yang dimaksud dalam Komponen IT, contoh nyaBanwidth, jika salah satu alat dan komponen rusak itu tidak berfungsi optimal lagi.

“Kita punya IT dan Teknisi, kalau barang itu rusak, jadi kita coba lakukan sistem konfigurasi ulang, jadi diurut lagi dari awal, ibarat Parabola kalau Tv tidak rusak, komponen receiver palingan salurannya saja yang dieprbaiki. Akan diperbaiki oleh Teknisi dan Tim IT Kominfo  karena disini ada jabatan fungsional yang mengurus itu, untuk  sementara masih ditangani teknisi,” ujarnya

Tambahnya, Kominfo masih menginvertarisir dampak dari petir ini, apakah yang ditemukan sekarang ini tidak bermasalah atau ada imbas ke yang lain.

“Itu saja dulu yang kita pelajari, belum tentu terdampak luas ke komponen yang lain. Dalam 2-3 hari ini kalau tidak meluas kemungkinan bisa diperbaiki, tapi kalau tidak memakan waktu harus diganti komponen-komponen yang tidak bisa dipakai,” ujarnya

Komponen Server yang ditembak petir ini dianggarkan sejak tahun 2012. Kompnen ini dianggarkan masih saat di LPSE Rokan Hulu. Diperkirakan, kerugian yang dialami mencapai angka Rp. 15-20 Juta per alat router yang rusak dan akan segera dilakukan pergantian alat.(sal)

Check Also

Pemerintah Diminta Subsidi Ongkos Naik Haji 2021

Diperkirakan Akan Jadi Rp. 44 Juta   PEKANBARU (Khabarmetro.com) – Ongkos Naik Haji 2021 (Biaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *