Minggu , 28 November 2021

Kunjungi Desa Prapat Tunggal, Prodi Ekonomi Syariah STAIN Bengkalis Gelar Seminar

BENGKALIS (Khabarmetro.com) – Sebagai upaya pengembangan Ekonomi Syariah di kalangan mahasiswa dan masyarakat, Program Studi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis menggelar Seminar Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat berbasis Ekonomi Syariah di Desa Prapat Tunggal Kecamatan Bengkalis, Selasa (24/11/2020) lalu.

Seminar berlangsung di Aula Serbaguna Desa Prapat Tunggal, seminar dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua I bidang Akademik dan kemahasiswaan STAIN Bengkalis Dr. H. Saifunnajar, MH dan didampingi oleh Sekretaris Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, Roinah, M.Pd, Ketua dan Sekretaris Prodi Ekonomi Syariah, Saifullah, ME dan Risman Hambali, ME, serta para dosen. Turut hadir Kepala Desa Prapat Tunggal, Ketua BPD Prapat Tunggal beserta perangkat desa lainnya, dan juga masyarakat setempat.

Bertindak sebagai narasumber dalam seminar tersebut yakni Drs. Yuhelmi, M.Si yang merupakan Kadis PMD Kabupaten Bengkalis, Risman Hambali, ME yang merupakan Sekretaris Prodi Ekonomi Syariah dan Ketua MES Bengkalis, dan Dede Satriani, SAM, ME, Sy yang merupakan akademisi dan dosen Ekonomi Syariah STAIN Bengkalis.

Dalam sambutannya, Dr. H. Saifunnajar, MH berharap kegiatan ini bisa menjadi moment yang baik untuk bersilaturahmi, saling berbagi ilmu dan bertukar pendapat baik itu antar mahasiswa maupun masyarakat Desa Prapat Tunggal.

Hal tersebut sejalan dengan yang diungkapkan Ketua Prodi Ekonomi Syariah, Saifullah, ME mengingat Desa Prapat Tunggal menjadi salah satu desa yang berhasil mengembangkan UMKM masyarakatnya melalui pengolahan hasil laut dalam bentuk kerupuk ikan, kerupuk udang, dan juga terasi.

Tidak hanya itu, sebagai Desa yang berhasil meraih berbagai penghargaan baik itu dari Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi, hal tersebut akan menjadi motivasi bagi mahasiswa nantinya dalam mengembangkan ekonomi kreatif berbasis syariah.

Sementara itu, Kepala Desa Perapat Tunggal, menyambut baik kehadiran STAIN Bengkalis dan mengucapkan selamat datang kepada Kadis PMD Kabupaten Bengkalis serta rombongan STAIN Bengkalis.

“Atas nama Pemerintah Desa Prapat Tunggal kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan ke desa kami. Tentu hal ini akan menjadi semangat baru bagi masyarakat Desa Prapat Tunggal dalam menjalankan dan mengembangkan aktivitas ekonomi.” Ungkapnya.

Dalam seminar tersebut turut diadakan penandatangan MoU antara STAIN Bengkalis dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Kabupaten Bengkalis dan Desa Perapat Tunggal, serta penandatanganan MoA antara Program Studi Ekonomi Syari’ah dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Kabupaten Bengkalis.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber dan siangnya akan dilanjutkan kegiatan bersama Alumni Ekonomi syari’ah, Almizan, SE di Masjid Mardhotillah Desa Perapat Tunggal.

Dalam kesempatan itu juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis Yuhelmi memberikan piagam penghargaan kepada dua orang dosen STAIN Bengkalis, dua dosen yang telah memberikan dedikasi terbaik itu adalah Risman Hambali, M.E dan Saifullah, M.E sebagai Konseptor Pemeberdayaan Ekonomi Masyarakat berbasis Syariah. (Win)

Check Also

Promo Canvasing Kota Bertuah, Yamaha Gear 125

PEKANBARU (khabarmetro.com) – PT Alfa Scorpii Yamaha berikan program khusus bagi penggila motor ternyaman yaitu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *