Minggu , 20 Juni 2021

Hebat, Putra Rohul Ini  Juara I Lomba Da’i Nasional

Pjs Bupati Rohul Drs H Masrul Kasmy MSi memberikan apresiasi dan menyambut suka cita atas kemenangan Andika dalam Lomba Da’i di level Nasional.

ROHUL (khabarmetro.com) – Momentum peringatan Hari Santri Nasional tahun 2020 ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), pada umumnya Provinsi Riau. Pasalnya, dalam ajang bergengsi Nasional dalam Lomba Da’i melalui Kompetisi Video Zoom secara virtual, Andika, putra Rohul berhasil menyabet Juara I Nasional setelah mengalahkan 477 kompetitornya.

Sementara Juara II berhasil disandang perwakilan dari Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) atas nama Khairida. Kemudian, Juara III disusul Santriwati dari Kebumen, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) atasnama Nabila.

Kompetisi Video Santri se-Nusantara ini digelar oleh Pondok Pesantren Daarul Mu’minin Doping Kabupaten Wajo, yang dipusatkan di Kota Makasar, Sulsel.

Keberhasilan Andika Juara 1 Lomba Da’i se Nusantara ini tak terlepas dari perhatian dan apresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul.

Pjs Bupati Rohul Drs H Masrul Kasmy MSi atasnama Pemkab Rohul mengucapkan apresiasi dan menyambut suka cita atas kemenangan Andika dalam Lomba Da’i di level Nasional.

”Ini patut kita apresiasi dan ini sebuah prestasi yang mengangkat nama Rokan Hulu. Sebagai bentuk apresiasi ini, saya menyatakan gembira dan suka cita. Ini merupakan kemenangan dan kebanggaan warga Rohul, mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi yang lain untuk berprestasi,” ungkap Masrul Kasmy, Jumat (23/10) sore.

Pjs Bupati menghimbau dan mengajak kepada seluruh stakeholder yang memiliki rizki berlebih menggalang dana untuk memberikan bantuan. Dengan harapan untuk memberikan motivasi kepada Andika agar lebih giat belajar dan meningkatkan prestasi.

”Jadi, kita harapkan dukungan dari semua pihak, seperti perbankan, perusahaan kita minta uluran tangannya. Apa yang dimiliki, dibantu lah, syukur-syukur bisa bantuan seperti beasiswa, karena ini merupakan kebanggaan ini juga bisa menjadi motivasi bagi yang lain,” harap Masrul.

”Itulah langkah-langkah yang akan saya lakukan nanti, mudah-mudahan nanti kawan-kawan perusahaan, dinas bergerak. Kalau sedikit-sedikit bantu, mudah-mudahan bisa terkumpul, bisa menjadi faktor pendorong dia (Andika) untuk lebih berprestasi,” tambahnya.

Ketika ditanya apakah ada reward dari Pemkab, mantan Wabup Kepulauan Meranti, ini mengaku akan berkoordinasi dengan Disdikpora atau dinas lainnya. Mana tahu pos anggaran untuk itu bisa diberikan untuk Andika yang berprestasi mengangkat nama Rohul di level Nasional.

”Dalam waktu dekat akan kita undang Andika, putra Rohul yang berprestasi. Nanti kalau ada kesempatan, nanti kita kasih oleh-oleh atau reward lah sebagai bentuk apresiasi kita,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Sungai Kumango Ali Usin Hasibuan. Ia mengaku bangga atas keberhasilan Andika (Putra Asli Desa Sungai Kumango) yang meraih prestasi di level Nasional dalam lomba Da’i Kompetisi Video se-Nusantara.

”Pertama kami ingin menyampaikan selamat Hari Santri 22 Oktober 2020. Semoga para santri/santriwati selalu sehat untuk Indonesia kuat. Kami juga tentu atas nama masyarakat Desa Sungai Kumango merasa punya kebanggaan khusus atas keberhasilan Andika,” ucapnya.

”Beliau masih duduk di kelas enam SD. Alhamdulillah menang sebagai juara satu se-Nusantara dalam kompetisi da’i melalui vidio Zoom, dalam rangka Hari Santri Nasional 2020 yang dipusatkan di Makasar,” ujarnya.

Diakui Ali Usin, prestasi dan kebanggaan ini tidak terlepas berkat pembinaan dan motivasi para pembina dan guru-guru di sekolahnya atau tempat belajarnya dan yang tidak kalah penting pendampingan orangtua.

”Ini tidak terlepas dukungan dari semua pihak, apalagi orangtua, ayahnya Ishak dan Ibu Mastorianti Hasibuan, Andika ini sangat fokus tentang pendidikan dan kemajuan anaknya, luar biasa. Sebelumnya juga Andika selalu tampil dalam setiap lomba di tingkat desa hingga kecamatan, bahkan mulai dari tahun 2017-2018-2019,” kata Ali Usin.

”Desa Sungai Kumango yang sudah berturut juara Umum tingkat Kecamatan Tambusai, Andika selalu ambil bagian dan juara dibidangnya dan pada tahun 2018-2019 juara dua lomba Da’i di TVRI Riau-Kepri di Pekanbaru. Saat itu bapak bupati dan Sekda serta seluruh Forkopinda-Kemenag Rohul terus memberi support,” tambahnya.

Sebagai bentuk dukungan Pemdes Sungai Kumango, Ali Usin mengaku pihaknya mendukung dan memfasilitasi mulai dari penyiapan materi, ruang khusus di kantor desa dan menyiapkan jaringan WiFi. Selain itu, peralatan sampai komunikasi via ke penyelenggara di Sulsesl.

”Kita berharap generasi Islami di Rohul terus maju dengan semangat dalam berkarya bidang apa saja untuk Kemajuan bersama. Sekali lagi terima kasih kepada kita semua dan terima kasih seluruh panitia Penyelenggara di Sulawesi Selatan,” katanya.

”Bendera Santri Negeri Seribu Suluk Rokan Hulu berkibar di Makasar. Harapan kita semoga para santri terus dan tetap semangat dalam menuntut ilmu dan mengejar prestasi yang mulia menjadikan Negri ini yang Baldatun toiyibatun warobbun Ghofuur,” harap Ali Usin.

Dari informasi yang dirangkum, Andika kelahiran Dalu-Dalu 29 April 2009 ini kebiasaanya sejak kecil senang membaca dongeng dan membacan berintonasi waktu TK dan SD Kelas III. Ibu gurunya mengatakan, cara membaca Andika seperti orang mendongeng. Dia juga suka menonton kaset VCD ustad Abdul Somad dari yang dipinjam dari bibinya.

Andika juga pernah tidak mau ikut lomba da’i di sekolah dan sempat menangis, tapi setelah dibujuk akan dibelikan sepeda, akhirnya dia mau mengikuti lomba da’i dan akhirnya dapat Juara 1. Setelah itu pengalaman pertama lomba Dai saat gebyar semarak Ramadhan 2018 di islamic Centre.

Andika sempat demam panggung sebelum tampil, muntah-muntah dan menangis minta pulang. Tapi setelah mendapatkan izin dari panitia untuk berobat, kemudian setelah tiba di Islamic Andika maju sebagai peserta terakhir dan akhirnya meraih Juara 1. Setelah meraih beberapa Juara itu menjadi pelecut semangat di acara Dai termasuk di level Nasional. (sal)

Check Also

Rezita Meylani Resmi Dilantik Sebagai Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Inhu

  INHU (Khabarmetro.com)– Rezita Meylani Yopi, SE resmi dilantik sebagai Ketua Pimpinan Cabang Muslimat Nahdatul …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *