Senin , 2 Agustus 2021

Forum Kades Silaturahmi Dengan Forum Wartawan BukitBatu,Siak Kecil Bandar Laksamana.

BENGKALIS  (khabarmetro.com) – Dalam menjalin hubungan kerjasama yang baik antara pemerintah desa dengan insan pers serta Guna menindak lanjuti surat undangan dari forum Kepala Desa se – Kecamatan Siak kecil dalam agenda untuk melakukan pertemuan bersilahturahmi sekaligus membahas kemitraan kerjasama yang baik. Kegiatan ini bertempat di ruang rapat kantor desa lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, Jum’at (8/1/2021)

Dalam pertemuan baik itu di hadiri langsung tamu istimewa ketua PWI Bengkalis Alfis Nardo,yang juga sebagai pendiri Forum Wartawan BukitBatu Siak Kecil Bandar Laksamana (FWBS),ketua forum kades Siak kecil Irawan berserta para kades Siak Kecil, Ketua FWBS Darmayanto, Sekretaris Andi Paris, Penasehat Erwin Syah Putra, anggota Andhika Perton Shagian yang juga pendiri FWBS dan Ritonga. Juga hadir ketua Aliansi Wartawan Nasional Indonesia(AWNI) Darwis AK.

Dalam sambutan ketua forum Kepala Desa (Kades) Irawan menyampaikan, pertemuan bersama FWBS dan kawan wartawan ini merupakan ajang silahturahmi antara pemerintah desa dan FWBS diundang secara resmi yang mana untuk membahasa kerjasama baik media cetak (koran) media online (elektronik).

“Karena itu, hari ini kita akan membahas kerjasama media untuk tahun 2021. Dan kita sangat mengharapkan wartawan yang berada di wilayah kita ini mampu untuk membantu didalam pemberitaan guna pembangunan di Siak Kecil khususnya,”ucapnya

Juga disampaikan Irawan ada beberapa keluhan yang dialami oleh kepala desa di Siak Kecil, banyaknya wartawan yang mendatangi kepala desa ketika ADD cair. Bahkan ada dari luar seperti Pekanbaru, Dumai dan lainnya berdatangan.

“Untuk itu kita minta solusi atau masukan dari Ketua PWI Kabupaten Bengkalis Alfis Nardo dan ketua FWBS Darmayanto,”ujar Irawan

Dalam hal ini di tanggapi langsung Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bengkalis Alfis Nardo menjelaskan, terkait kerjasama media haruslah Fleksibel terkhusus media cetak.

“Ya, harus ada konsekuensinya, seperti berlangganan koran, kalau wartawan itu ada korannya dan aktif masuk ke desa baru dibayar. Jika tidak, tidak perlu dibayar. Dan koran ada 3 Versi yaitu, koran harian,mingguan dan bulanan,”jelas Alfis

Dan juga, untuk tahun 2021 ini media cetak dan online akan dijadikan 1 pintu yakni melalui FWBS. Tujuannya, agar mempermudah desa dalam melaksanakan tugas dan tupoksinya dalam melayani masyarakat.

“Untuk Kepala desa tidak perlu takut terhadap wartawan. Kepala desa juga harus tau kinerja wartawan itu sendiri. Seorang wartawan tidak hanya menggantungkan kartu pers, apalagi ada yang membawa jam,kalender namun tetapi ada medianya, ada surat tugasnya, mana tulisannya dan harus mempunyai legalitas yang jelas,”ungkapnya.

Lanjut Alfis, ketika ada wartawan yang datang kedesa baik lokal maupun dari luar temui saja, tanyakan apa keperluannya. Jika Ia ingin mengkonfirmasi berita mencari data sesuai aturan itu sudah tugasnya. Dan bila kedatangan wartawan tersebut meminta uang, itu adalah pemerasan, dan segera laporkan ke dewan pers,”jelasnya.

Perlu diketahui wartawan itu ada tiga kategori,pertama mencari informasi, menulis berita dan mengirim berita bukan menggertak gerak kepala desa,”terang alfis

Sejatinya wartawan itu adalah mitra alias kawan bukan lawan, dan memberi informasi ke masyarakat publik bukan mengertak gertak kepala desa, jika ada wartawan sperti itu silahkan lapor kedewan pers,”ujar ketua PWI ini yang akrab di sapa bang al ini.

Hal senada juga disampaikan Ketua FWBS Darmayanto mengatakan kita akan mendata wartawan yang ada di 3 Kecamatan yakni, Bukit Batu Siak Kecil dan Bandar Laksamana. Baik media cetak maupun online agar tertata baik.

Ini semua dikarenakan banyaknya laporan bahwa ada oknum tertentu yang selalu menggertak kepala desa dengan alasan tertentu,maka itu mendata wartawan guna melihat apakah ada oknum FWBS itu sendiri atau di luar FWBS,”terangnya.

Kemudian Darmayanto berharap kedepan Pemerintah desa akan terus mendukung kerjasama kemitraan antara FWBS dengan Pemerintah Desa, tidak hanya di kecamatan Siak kecil tapi di gerbang laksamana, hal itu penting agar informasi dan komunikasi dapat menjadi penunjang positif dalam mewujudkan pembangunan yang ideal di tengah – tengah masyarakat.

Di kesempatan itu juga ketua Aliansi Wartawan Nasional Indonesia(AWNI) Darwis AK menyampaikan,mari kita bangun bersama hubungan ini agar kedepannya lebih baik lagi dan mempererat silahturahmi serta terjalin kerjasama yang baik dan saling berkomfirmasi agar tidak ada kesalahpahaman yang mana itu sendiri tidak ada, di karenakan kurangnya komunikasi,”tuturnya.

“Kami AWNI bersama FWBS mengucapkan terimakasih kepada Forum Kepala Siak Kecil karena telah berkomitmen untuk menjalin kerjasama media. Dan saya mewakili rekan rekan media mengucapkan terima kasih sudah memfasilitasi pertemuan ini.”tutupnya.(Cok).

Check Also

BEBUAL SAMBIL NGOlah Pikiran yang ditajah oleh Kwarran Binawidya Pekanbaru

Pekanbaru (khabarmetro.com ) – Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Binawidya pada Jumat 30/07/2021 melalui Dewan Kerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *