Minggu , 17 Oktober 2021

Cara PT Pusri Meningkatkan Produktivitas Petani Sawit Dalam Model Bisnis Agrosolution

BENGKALIS (Khabarmetro.com) – PT Pusri (Pupuk Sriwijaya) Palembang adalah salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bertanggung jawab dalam mendukung pemerintah di bidang ketahanan pangan Nasional, merupakan produsen pupuk di Indonesia, menawarkan Kerjasama Peningkatan Produksi Hasil Perkebunan melalui Model bisnis agrosolution. Sabtu (13/2/2021).

Sosialisasi yang dilakukan PT Pusri Palembang dengan Koperasi Sepahat Berkah Bersama (KSBB) Desa Sepahat Kecamatan Bandar Laksamana, dilaksanakan pada pukul 10:30,wib dan sedangkan pertemuan Koperasi Bukit Batu Darul Makmur (BBDM) Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis pukul 14:00 Wib tepatnya di aula Kantor Camat Bukit Batu.

Pantauan awak media ini di lapangan pada kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan tertib sesuai mengikuti protokol kesehatan (Prokes), memakai masker dan mencuci tangan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Project Manager CCM PT Pusri Palembang Arman Zainuddin, Staff AgroSolution Lambang Praja beserta Rekanan PT Pusri wilayah Sumatera H. Muhammad Rafi, Herman Ahmad beserta jajaran.

Selain itu terlihat juga hadir Kepala Desa Sepahat Muhammad Azlan dan jajaran, Ketua KSBB Habibi, Sekretaris Sanusi dan anggota koperasi dari masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Project Manager CCM PT Pusri(Pupuk Sriwijaya) Palembang Arman Zainuddin menyampaikan, bahwa pihaknya selaku BUMN produsen pupuk di Indoensia, diamanahkan tidak hanya menjual pupuk, juga harus memantau aplikasi dan produksi di lapangan, supaya hasil optimal bagi masyarakat petani pangan. perlunya dibangun Korporetisasi antara pihaknya dengan masyarakat untuk mencetak petani menjadi pengusaha.

Dan juga, di paparkan Arman bahwa Pemerintah melalui Kementrian Pertanian dan Perkebunan akan menghapus distribusi pupuk subsidi pada tahun 2024 mendatang.

“Untuk itu nanti akan ditunjuk distributor permodalan yang baik untuk mensupplai pupuk kepada para petani di suatu wilayah. Sesuai yang di amanatkan Produsen membentuk rantai pasok yakni, distributor, petani dan pengecer agar distribusi pupuk non subsidi agar dapat berjalan dengan baik,” kata Arman.

Arman juga sangat mengapresiasi pihak rekanan PT Pusri H. Muhammad Rafi dan jajaran yang telah memberikan referensi di wilayah Kabupaten Bengkalis, khususnya kepada pengurus KSBB dan anggota, juga kepada Koperasi Bukit Batu Darul Makmur dalam melaksanakan sosialisasi
Kerjasama Peningkatan Produksi Hasil Perkebunan hingga ke depan terus berkesinambungan.

Sementara itu Staff Agrosolution PT Pusri Palembang Lambang Praja dalam penjelasannya menyampaikan bahwa program agrosolution dari PT Pusri dimaksudkan untuk memberi solusi kepada petani pangan agar bisa menghasilkan produksi yang baik dan maksimal.

Lebih lanjut Lambang mengatakan untuk meningkatkan produksi pasti menggunakan pupuk, ini merupakan program dari kementrian pertanian agar petani perlahan tidak memakai pupuk subsidi lagi.

Pusri juga melakukan pengawalan penggunaan produk yang tepat bagi petani di lapangan. Langkah awal dengan menentukan dosis rekomendasi pupuk sesuai lokasi tanam dan jenis tanah. Dilanjutkan dengan sosialisasi dan edukasi terkait produk serta cara penggunaan. Setelah itu, Pusri akan memberikan pupuk sesuai kebutuhan lokasi tanam dan terus melaksanakan kawalan bagi petani, hingga tercapainya hasil produksi yang lebih meningkat dibandingkan sebelum adanya pendampingan dari Pusri,”jelas Lambang

“Program agrosolution ini secara bertahap akan memberikan solusi terbaik bagi petani sampai berhasil dan lebih produktif dan kita akan bimbing hingga sampai petani itu sudah benar benar bisa di lepas dalam arti memahami dalam tata cara pemupukan yang benar ,” kata Lambang.

Dalam kesempatan itu juga, Kepala Desa Sepahat Muhammad Azlan menyambut baik kerjasama antara PT Pusri Palembang dengan KSBB, dia berharap kerjasama tersebut dapat direalisasikan sehingga petani di desanya mampu meningkatkan produksi hasil panen sawit.

Sementara itu Herman yang mewakili Ketua Koperasi Bukit Batu Darul Makmur dalam pertemuan di Aula Kantor Camat Bukit Batu juga menyambut denagan baik program agrosolution dari PT Pusri selaku produsen pupuk di Indonesia.

“Banyak manfaat yang dapat kita ambil dari program agrosolution PT Pusri ini, salah satunya peningkatan produksi hasil panen. Jika kerjasama ini dapat berjalan dengan baik sudah tentu kesejahteraan masyarakat petani dapat ditingkatkan secara signifikan,”imbuhnya (Cok)

Check Also

Luar Biasa, 650 Mahasiswa UT Berhasil Diwisuda

Bupati Afrizal Sintong Selesai Tepat Waktu Direktur UT Pekanbaru, Iqbal Miftakhul Mujtahid MSi, IT (tengah) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *