Kamis , 29 Juli 2021

Bulan Menanam, Danrem 031/WB Tanam Pohon dan Tebar Bibit Ikan Patin

PEKANBARU, (Khabarmetro.com)– Dalam rangka Bulan Menanam Nasion Tahun 2020, Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan gelar kegiatan tanam pohon dan tebar bibit ikan. Rabu (30/12) di lingkungan Jembatan Siak 4 Kelurahan Meranti Pandak Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru.

Penanaman pohon yang berjenis trembesi dan bibit ikan patin tersebut, dilaksanakan bersama Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Laskar Barisan Anak Melayu Riau. Dimana, Danrem 031/WB, Brigjen TNI M Syech Ismed mengatakan, sangat mengapresiasi program Laskar Barisan Anak Melayu Riau yang berinisiatif melaksanakan penanaman pohon dan penebaran bibit ikan patin di sungai Siak. Pasalnya program tersebut akan sangat bermamfaat untuk penghijauan lingkungan serta memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap ikan dimasa akan datang.

“Apa lagi program ini bertema “Mari Hijaukan Riau” selaras dengan Bulan Menanam Pohon Nasional Tahun 2020 yang sangat bermanfaat untuk masyarakat maupun lingkungan kedepan,” kata Danrem.

Jenderal bintang satu ini mengharapkan, selalu diberikan panjang umur oleh Allah SWT dan bisa menyaksikan dan merasakan manfaat program penghijauan ini dimasa akan datang. Terutama pohon yang ia tanam sendiri bisa menyaksikan kembali setelah besar beberapa tahun kemudian.

“Saya ingin melihat pohon yang saya tanam hari ini beberapa tahun kemudian dan juga bisa menjadi Icon di Kota Pekanbaru,” harapnya.

Begitu juga dengan bibit ikan patin, ia juga berharap juga bisa menyaksikan saat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam mencukupi kebutuhan pokok maupun perekonomian.

“Kita berharap ikan patin yang kita tebarkan di sungai Siak ini berkembang biak yang nantinya bisa ditangkap oleh masyarakat nelayan untuk memenuhi kebutuhan pokok maupun menambah penghasilan rumah tangga,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Putra asli bumi lancang kuning ini juga tidak lepas berpesan kepada seluruh masyarakat Riau agar terus menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid 19 ini. Tambah lagi, di Riau yang hingga kini masih saja mengalami peningkatan.

“Untuk itu mari selalu kita menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan 4M guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, agar wabah Covid-19 ini segera berakhir dan kehidupan masyarakat kembali seperti sebelumnya,” tutup Danrem.

Sementara Ketua DPD Laskar Barisan Anak Melayu Riau, Erlangga SH menjelaskan, jika kegiatan yang dilaksanakan ini juga merupakan partisipasi dari BPDAS Indragiri Rokan serta Kementerian Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Riau yang membantu sebanyak 60.000 bibit pohon melalui program KBR (Kebun Bibit Rakyat).

“Bibit pohon ini terdiri dari bibit Matoa, Nangka, Durian, Jengkol dan Petai. Dimana titik penanamannya ada di beberapa wilayah. Yaitu di lingkungan Kelurahan Meranti Pandak Kecamatan Rumbai Pesisir, Simpang 3 Labersa dan Kabupaten Kampar,” jelasnya.(dre)

Check Also

SPS Riau Bertamu ke Bahana Mahasiswa Unri

Pengurus SPS Riau saat berdiskusi dengan kru Bahana Mahasiswa Unri di kantornya, Kampus Binawidya Panam. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *