Jumat , 22 Oktober 2021

Berdayakan UMKM, Disperindagkop Riau Fokus Kembangkan PEN

 

PEKANBARU (khabarmetro.com) – Sesuai kebijakan pemerintah, Republik Indonesia bahwa pemerintah terus mendorong peningkatan ekonomi masyarakat terdampak Covid-19. Sejalan dengan kebijakan itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop-UKM) Provinsi Riau Asrizal akan berupaya memberdayakan pelaku usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Pemaparan tersebut disampaikan Asrizal saat menjadi narasumber pada kegiatan Webinar yang digelar Komite Penganan Covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), secara virtual Zoom, Senin (16/11).

Dikatakannya, pada program PEN tersebut ada tiga manfaat yang diberikan untuk UMKM.  Pertama, sebagai modal awal dalam membuka kembali usaha terhadap UMKM yang tutup usahanya dengan melanjutkan atau membuka usaha baru contohnya UMKM yang berjualan di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi.

Kedua, sebagai modal dalam melanjutkan usaha sebagai tambahan modal terhadap UMKM yang tetap berjalan selama Pandemi Covid-19, namun modal usahanya di pakai untuk kebutuhan hidup.

Sedangkan yang ketiga, yaitu manfaatnya sebagai modal usaha dalam pengembangan usaha untuk meningkatkan produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Ia juga mengatakan PEN ini dilandasi oleh dasar hukum Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional dalam Rangka Mendukung Kebijakan Keuangan Negara Untuk Penanganan Covid 19.

“Selain itu ada Permendagri Nomor 20 Tahun 2020 tentang percepatan penanganan Covid 19 di lingkungan pemerintah daerah,” ujarnya.

Asrizal mengharap sesuai tujuan PEN yaitu dapat melindungi, mempertahankan serta meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya selama Pandemi Covid 19.

“Dengan adanya program PEN ini, ekonomi masyarakat yang terdampak Pademi Covid-19 bisa bertahan dan dipulihkan kembal sebagai mana sebelumnya,” tuturnya.(dre)

Check Also

DPC AWI Kepulauan Meranti Serahkan Bantuan Bibit Bawang Merah

MERANTI (khabarmetro.com) – Ketua Dewan Pimpinan Cabang Aliansi Wartawan Indonesia (DPC-AWI) Kabupaten Kepulauan Meranti M …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *