Kamis , 21 Januari 2021

Awas, Banjir Kiriman Antar Daerah

 

PEKANBARU (khabarmetro.com)- Sesuai informasi BMKG stasiun Pekanbaru, intensitas curah hujan mulai beralih beberapa daerah luar Riau. Di antaranya Provinsi Sumatera Barat (Sumabar), Jambi dan beberapa daerah lainnya.

Peringatan itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan bencana Bencana Daerah (BPBD) Riau Edward Sangar, Kamis (3/12).

Sedangkan untuk Riau sendiri, lanjutnya, masih terjadi yang saat ini lebih pada bagian daerah pesisir yang curah hujannya juga cukup tinggi dan harus diwaspadai akan dampak terhadap daerah. Terutama daerah yang termasuk rawan banjir.

Edwar menjelaskan, berdasarkan informasi BMKG tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus meningkatkan kewaspadaan dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait di daerah. Terutama dalam mewaspadai banjir kiriman dari daerah yang saat ini mengalami musim hujan.

“Ini juga berdasarkan pengalaman sebelumnya, maka itu kita harus terus siap siaga, seperti dari Sumbar ini yang sangat berpotensi terjadi luapan air,” katanya.

Sesuai hasil koordinasi sementara dengan beberapa daerah, jelasnya, saat ini memang belum ada laporan terkait luapan kiriman dari daerah ini. Kendari demikian daerah sudah membahas atau mempersiapkan segala kemungkinan buruk yang akan terjadi.

“Untuk koordinasi ini sebelumnya kita sudah melakukan pertemuan dengan bernagai daerah kabupaten kota untuk pembahasan ini. Termasuk pihak BMKG sebagai pusat Informasi cuaca,” katanya.
Dalam beberapa waktu kedepan, dijelaskan, sejumlah daerah di Riau (khusus di pesisir) perlu mendapat perhatian serius terhadap tingginya intensitas curah hujan. Sementara di wilayah daratan Riau, juga perlu bersiap mengingat potensi tingginya curah hujan di provinsi tetangga.

“Menurut BMKG intensitas curah hujan akan terus meningkat menjelang akhir tahun, hingga di awal Januari 2021 mendatang. Untuk sementara ini, kami masih berpatok pada daerah tiga belas Koto Panjang, Kampar. Jika air waduk sudah mulai naik, maka warga di sekitar aliran sungai Kampar sebaiknya bersiap,” tuturnya.(dre)

About Adnan Buyung

Check Also

Jelang PTMT, MTsN 2 Rohul Beri Pembekalan Terhadap Siswa

  UJUNGBATU (khabarmetro.com)-Jika tak ada aral melintang, Senin Pekan depan akan dilaksanakan Pendidikan Tatap Muka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *