Sabtu , 18 September 2021

Antisipasi Karhutla, Polsek Rokan IV Koto Sinergi dengan MPA Binaan PT SAI

 

ROKAN IV KOTO (khabarmetro.com)-Sebagai salah satu wilayah yang memiliki lahan perkebunan dan hutan yang cukup luas, Riau cukup akrab dengan musibah kebakaran. Hampir setiap tahun selalu ada terjadi kasus kebakaran di Negeri Lancang Kuning.

Tak menutup kemungkinan dengan wilayah Kabupaten Rokan Hulu, hampir 70 persen wilayah ini dikelilingi perkebunan kelapa sawit. Tentunya sangat besar kemungkinan terjadi kebakaran, apalagi di musim kemarau seperti sekarang.

Sebagai langkah antisifasi terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karlahut) khususnya di wilayah hukum Polsek Rokan IV Koto, Resort Rokan Hulu. Kapolsek AKP Rusmizahelpi SH melaksanakan Apel kesiapsiagaan Pencegahan dan Penanganan Karhutla bersama Stake Holder dan Masyarakat Peduli Api (MPA) binaan PT Sawit Asahan Indah (SAI).

Selain Kapolsek, tampak hadir dalam apel tersebut para Kanit dan puluhan personil Polsek, ADM PT SAI Achmad Zulkarnain diwakil CDO Ilka Iskandar SH. Pada kesempatan itu kesiapan alat pemadam terlihat stand by di halaman Mapolsek lokasi apel, Kamis (4/3).

Kapolsek AKP Rusmizahelpi SH mengaku sangat terbantu dan berterima kasih terhadap Manajemen PT SAI. Dimana pihak perusahaan selalu aktif berkontribusi dalam pencegahan Karhutla di Wilkum Rokan IV Koto.

Apalagi saat ini sudah memasuki musim kemarau, Kapolsek mengajak seluruh pihak antisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Sebab masalah Karhutla bukan hanya urusan Kepolisian dan TNI, akan tetapi menjadi tanggung jawab kita semua pihak, termasuk pihak PT SAI terhadap desa yang berbatasan langsung yakni Lubuk Bendahara, Rokan IV Koto.

“Kita sangat apresiasi langkah yang sudah dilakukan pihak PT SAI, karena sudah membimbing MPA, sekaligus memfasilitasi alat pemadam buat mereka,” kata Kapolsek.

Sementara ADM PT SAI Achmad Zulkarnain melalui CDO Ilka Iskandar membenarkan bahwa pihaknya sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri dalam mencegah Karhutla, salah satunya membina MPA dan kelengkapan alat pemadam.

“Karena ini nampak sudah memasuki musim kemarau maka perusahan menghimbau kepada masyarakat utk bersama-sama mencegah pembukaan lahan dgn cara membakar,” jelas CDO Ilka.

Ilka menambahkan sebagai pucuk pimpinan di PT SAI ADM Achmad Zulkarnain memerintahkan seluruh Tim TKTD PT.SAI untuk setiap saat siaga Api, dan laksanakan temu cepat, lapor cepat. “Mari kita bekerja sama dengan Tim MPA desa di sekitar teritorial perusahaan,” pesan ADM ditirukan CDO Ilka Iskandar.

Dirinya berharap dengan dilakukan apel kesiapsiagaan pencegahan Karhutla, pasukan MPA dan tim pemadam PT SAI lebih siap dan paham apa yang harus dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi Karlahut.(sal)

Check Also

WOW…MAXI HADIR DI MAL SKA

PEKANBARU (khabarmetro.com)– Suzuki terus berinovasi. Kali ini Main Dealer PT Alfa Scorpii melaksanakan “Pameran Sadis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *