Jumat , 30 Juli 2021

Wabup Inhu Pimpin Rapat Teknis Pelaksanaan APBD dan RKPD 2021

Temu Ramah Dengan Kepala Desa Se- Kabupaten Indragiri Hulu

 

INHU (Khabarmetro.com)– Wakil Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si minta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan upaya cepat terhadap capaian fisik keuangan triwulan pertama APBD tahun 2021. Ini mengingat, berdasarkan laporan capaian fisik memasuki pertengahan bulan Juli belum memenuhi target yang ditentukan.

Arahan itu disampaikan Wabup Junaidi saat memimpin rapat teknis pelaksanaan APBD 2021 dan RKPD 2022, Senin (12/7/2021) di Ruang Thamsir Rahman, lantai 4 Kantor Bupati, yang dihadiri seluruh Asisten dan Kepala OPD, serta para camat se-Inhu.

“Secara umum, saya melihat capaian fisik kita hingga bulan Juli ini belum memenuhi target yang ditentukan. Saya berharap dari pertemuan ini akan ada langkah-langkah dan solusi sehingga pelaksanaan APBD dapat terlaksana dengan baik,” kata Wabup.

 

Selain terkait realisasi kegiatan fisik, dalam rapat itu Junaidi juga menyoroti terkait capaian realisasi pendapatan yang belum memenuhi target.

“Karena dari target anggaran 2021, hingga pada bulan Juli realisasi pendapatan baru mencapai 37 persen dari rencana nilai target yang ditetapkan,” jelas Wabup.

Dari paparan Kepala Badan Pendapatan Daerah Arif Fadillah, dijelaskan bahwa dari target rencana pendapatan awal sebesar 1,4 triliun terjadi beberapa kali perubahan sesuai ketentuan Peraturan Menteri Keuangan. Terkait realisasi pendapatan yang belum sesuai target, kata Arif selain dipengaruhi dampak terjadinya pandemi ini juga lebih dipengaruhi oleh keterlambatan penyampaian laporan terkait refocusing anggaran.

Sehubungan dengan itu, Wabup Junaidi minta kepada OPD terkait utamanya Bapenda dan BPKAD dapat meningkatkan koordinasi dan bergerak cepat agar laporan refocusing anggaran dapat diserahkan sebelum tanggal batas akhir.

Usai rapat teknis pelaksanaan APBD 2021 dan RKPD 2022, Wakil Bupati Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si bergeser ke Ruang Auditorium Yopi Arianto guna mengadakan temu ramah dengan kepala desa se-Kabupaten Indragiri Hulu dan memaparkan Rencana 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hulu Hulu.

Acara yang berlangsung dengan menerapkan protokol Kesehatan ini dilaksanakan dalam dua sesi, yaitu sesi pertama dilaksanakan pada pukul 10.15 WIB dengan peserta Kepala Desa Dapil 1 dan Dapil 2, dan sesi kedua pukul 14.00 WIB dengan peserta Kepala Desa Dapil 3 dan Dapil 4.

Dalam kesempatan ini Wakil Bupati didampingi oleh Plt. Asisten Pemerintahan Moch. Bayu Setiya Budiono, SH, Plt. Kadis Pemdes, Kadis kesehatan, Plt. Kasat Pol. PP, dan perwakilan kantor KPBD.

Wakil Bupati memaparkan beberapa Rencana 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hulu diantaranya, Penanggulangan Bencana Covid-19, Pemulihan Ekonomi, dan Penataan Birokrasi Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu.

Wakil Bupati berharap, kepada kepala desa se-Kabupaten Indragiri Hulu untuk memberikan dukungan bagi pelaksanaan penyelenggara pemerintah Kabupaten, sinergikan berbagai program yang sudah dirancang di pemerintah kabupaten kemudian ditindak lanjuti oleh camat.

Diakhir acara, Wakil Bupati Inhu menyerahkan hadiah kepada Pemenang Lomba Desa tingkat Kabupaten Inhu, yaitu juara Pertama Desa Petala Bumi Kec. Seberida, juara Kedua Desa Tanah Datar Kec. Rengat Barat, juara Ketiga Desa Seresam Kec. Seberida, harapan satu Desa Talang Jerinjing kec. Rengat Barat, harapan dua Desa Kulim Jaya Kec. Lubuk Batu Jaya, dan harapan tiga Desa Sei. Guntung Hilir kec. Rengat.(km4)

Check Also

KPU Inhu Hibahkan APD Kepada Pemda Inhu

PEMATANGREBA (Khabarmetro.com)–  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) hibahkan Barang Milik Negara (BMN) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *