Sabtu , 19 Juni 2021

Tak Ada Anggaran Dari Pemda Inhu di Tahun Ini, Menyikapi Kondisi Jalan Longsor di Desa Sanglap

Langkah-langkah Yang di Lakukan Pihak Kecamatan

 

BATANGCENAKU (Khabarmetro.com)– Menyikapi putusnya akses utama Desa Sanglap Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang longsor pada Kamis 6 April 2021 kemarin, pihak Pemerintah Desa Sanglap dan Kecamatan setempat gelar rapat bersama, Senin (11/5/2021). Rapat ini delaksanakan di Aula Kantor Camat Batang Cenaku.

Hadir dalam rapat tersebut, Camat Batang Cenaku, H.Mas’ud,SE, Kades Sanglap, Herman serta beberapa pelaku usaha di bidang kelapa sawit (Peron) yang berada di tiga desa. Ke tiga desa itu diantaranya desa Sipang,Lahai Kemuning dan Desa Sanglap.

Camat Batang Cenaku,Mas’ud,SE mengatakan, rapat menghasillan keputusan untuk membentuk kepanitiaan dalam penggalangan dana secara swadaya.

” ini langkah yang bisa kami lakukan dalam upaya tanggap darurat jalan untuk membuat jalan alternatif,” sebut Camat.

Masih kata Camat, hal ini dilakukan sembari menunggu kebijakan dari Pemda Inhu untuk melakukan perehapan akses utama yang menghubungkan Desa Lahai Kemuning menuju desa Sanglap.

“dari Pemda Inhu untuk untuk saat ini tidak ada dana tanggap darurat tersebut,sehingga kita menunggu anggaran pada tahun depan,” terangnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kades Sanglap,Herman menyebut, jika warganya terpaksa melalui jalan setapak apabila ingin keluar masuk desa. Jalan itu, lanjutnya, kondisinya semak belukar sehingga menyulitkan warga.

” kesulitan juga melaluinya,tapi ya kita harus bersabar sambil menunggu kebijakan dari Pemda Inhu, sesuai info yang kami dapat. Pemda Inhu akan menggelontorkan dana sebesar Rp 3 Milyar untuk pembuatan jembatan permanen di lokasi jalan yang longsor dan juga peningkatan badan jalan,” ungkap Herman.

Diberitakan sebelumnya, jika Akses Jalan satu satunya yang berada di desa Sanglap Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang menghubungkan ke desa tetangga terputus akibat longsor.

Longsor ini diakibatkan guyuran hujan dengan intensitas cukup tinggi diwilayah Kabupaten Inhu, termasuk desa Sanglap yang terjadi beberapa waktu belakangan ini. Longsor tersebut seluas 30 meter yang berakibat akses jalan ke desa Sanglap lumpuh total.(har)

Check Also

RS Awal Bros Grup MoU dengan CBS School Of Communications Jakarta

Tingkatkan Kemampuan Komunikasi foto ki-ka: dr Widya Putri MARS Ketua Regional I RS Awal Bros, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *