Rabu , 27 Oktober 2021

Showcase, Pemanasan Jelang Festival Sungai Sail 2021

Wako Tandatangani Deklarasi Normalisasi Sungai Sail

 

Wali Kota Dr H Firdaus ST MT (lima dari kanan) bersama pengurus DKKP dan tamu undangan, usai penandatanganan Deklarasi bersama Normalisasi Sungai Sail.

 

PEKANBARU (Khabarmetro.com)- Helat Showcase of Sungai Sail terlaksana sukses, Sabtu petang (26/6/3021). Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT pun langsung hadir dan mendukung penuh event tersebut.

Pada acara yang digelar di tepian Sungai Sail, bawah jembatan Harapan Raya, Kelurahan Tangkerang Utara, Kecamatan Bukitraya itu Wako juga ikut menandatangani Deklarasi dukungan terharap Normalisasi Sungai Sail.

Dewan Kesenian Kota Pekanbaru (DKKP) selaku penaja, mengaku, event ini adalah ajang pemanasan jelang pelaksanaan Festival Sungai Sail (Sail River Festival 2021). Event ini rencananya akan digelar pada Oktober nanti.

“Showcase ini adalah ajang pemanasan. DKKP akan menaja event lebih besar dan lebih melibatkan banyak pihak, dengan gaung yang lebih besar yaitu Sail River Festival pada Oktober 2021 nanti. Walau kami belum tahu pasti, ada dana atau tidak nanti, namun kami optimis saja,” kata Ketua Umum DKKP Fedli Aziz, saat diskusi disela-sela event Showcase, kemarin.

Selain Fedli, tampil juga dalam diskusi itu, Dr H Muhammad Ikhsan salah seorang peneliti dan akademisi dari Unri. Ikut juga tampil anggota Komisi IV DPRD Pekanbari Rony Paslah, dan moderator diskusi Penasihat DKKP Khairul Amri. Diskusi berjalan singkat, tapi sarat muatan dan usul untuk menjadikan Sungai Sail sebagai ikon Kota Pekanbaru.

Wali Kota Firdaus, saat sambutan juga secara tegas meminta instansi terkait untuk segera menormalisasi Sungai Sail. “Saya perintahkan agar Sungai Sail ini dikeruk. Kemudian di tata lagi dengan baik, sehingga bisa menjadi salah satu destinasi wisata,” kata dia.

Selain Sungai Sail, kata Wako, Pekanbaru juga akan mengembangkan dan menata Sungai Ukai di kawasan Okura. Potensi sungai ini, kata dia, sangat besar. Jika sungai ini dikelola dengan baik tentu akan berdampak positif bagi kemajuan kota.

Ia sadar, bahwa kondisi sungai di Pekanbaru hari ini sangat erat kaitannya, berdampak akibat kemajuan dan pembangunan kota. Namun begitu, ia berjanji akan berusaha maksimal agar Sungai Saik dan juga Sungai Ukai bisa kembali menjadi kebanggaan Kota Pekanbaru.

“Tentu tidak bisa seperti membalikkan telapak tangan. Kita semua, Pemko dengan OPD terkait, termasuk juga semua pihak dan rekan dari DKKP, mari kita bersama-sama niatkan agar uapaya normalisasi sungai di Pekanbaru bisa kita jalankan,” kata dia.

Hadir juga kemarin, Kepala Dinas Kebudayaan Riau Yoserizal Zen. Seniman Riau Aris Abeba dan Iwan Irawan Permadi. Pengurus LAMR Kota Pekanbaru, Camat dan Lurah setempat, juga Kepala BPPD Zarman Candra dan Kadis Pariwisata Pekanbaru Dr Nurfaisal MPd.

Zarman yang juga Ketua Panitia HUT ke 237 Pekanbaru, menegaskan, ini adalah bentuk komitmen bersama. Helat Showcase ini didukung penuh, karena ini adalah upaya konkret untuk mewujudkan Pekanbaru lebih baik. Sebagai Kepala BPBD Pekanbaru, Zarman pun sudah bertekad untuk mendukung program DKKP yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan.

Di kesempatan itu, Wako dan para tamu juga diberi kenang-kenangan berupa plakat dan kaos oleh DKKP. Kaos hitam ini beruliskan #anakpekan, salah satu simbol pemersatu seluruh komponen, untuk kemajuan Kota Pekanbaru. (km1)

Check Also

Aklamasi, Jimmy Kurniawan Kembali Pimpin APSAI Pekanbaru

Pelantikan Pengurus, Dijadwalkan November 2021 Anggota dan Pengurus APSAI Kota Pekanbaru bersama Kadis P3APM Chairani …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *