Jumat , 12 Agustus 2022

Setelah Stop 2 Tahun, CFD di Pekanbaru Diaktifkan Kembali

Pj Wako Ingatkan: Tetap Waspada Covid, Sampah dan Jalan Rusak

Warga saat CFD di Pekanbaru.

PEKANBARU (Khabarmetro.com)- Area Car Free Day (CFD) di Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru Riau, sangat ramai. Ahad pagi (12/6/2022) ini, area CFD yang sudah stop selama dua tahun ini diaktifkan kembali.

Pejabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP yang langsung melakukan re-opening itu. Didampingi Sekko Muhammad Jamil, Kerja panitia HUT ke 238 Pekanbaru Yuliarso dan para kepala dinas di lingkungan Pemko Pekanbaru.

Pj Wako dan para pejabat ini nampak santai. Mereka mengenakan konstum olahraga, jaket dan kaos serta celana training dan separa kets. Semakin nampak keren, dengan mengenak topi khas anak muda. Acara re-opening yang dipusatkan di depan Kantor DJP (Direktorat Jendral Pajak) itu, berjalan santai tapi khidmat.

“Saya sempat kemarin sama pak Sekko jalan ke daerah lain. Nah, ini CFD sudah dibuka, kenapa tempat kita belum bisa. Makanya, pagi ini dan bertepatan menyambut HUT ke 238 Pekanbaru, CFD kita aktifkan kembali. Dengan mengucapkan bismillah CFD di Kota Pekanbaru kita mulai,” kata Muflihun, disambut tepuk tangan seluruh hadirin.

Kepada OPD terkait, Pj Wako juga mengingatkan agar CFD ini diatur secara baik. Termasuk ke depan ada kuliner UMKM. Ia minta lokasi kuliner dan tempat berjualan itu ditata rapi, sehingga tidak merusak pemandangan CFD dan tidak sembarangan membuang sampah. CFD kawasan bersih, dan Pj Wako minta agar selama berjalan agar dijaga kebersihan dan kenyamanan.

Pj Wako juga menekankan, karena Pekanbaru sudah di level 1 penyebaran Covid -19 diharap seluruh warga agar tetap waspada. Kata dia, walaupun sudah tidak seperti dulu, tetapi kewaspadaan terhadap penyebaran Covid haruslah terus dijalankan.

Termasuk soal kebersihan. Saat ini, kara dia, Pekanbaru sudah jalankan program ‘Bebas Sampah’. Ia meminta agar program ini didukung oleh seluruh warga Pekanbaru. Begitu pun dengan banjir, akan menjadi perhatian Pemko untuk diselesaikan.

“Banyak juga jalan berlubang. Ini pun diminta kita untuk menuntaskan. Jangan lagi ada sampah berserakan, dan terus diupayakan untuk mengatasi persoalan banjir yang terjadi. Kita harapkan, sempena HUT ke 238 ini Pekanbaru akan semakin baik. Jika didukung semua elemen warga kota, kami yakin program Pemko ini akan berjalan,” ujar Wako penuh semangat.

Warga Tumpah ke Jalan

Lokasi CFD di Jalan Jendral Sudirman sudah mulai ramai sejak pukul 07.00 WIB. Makin siang, nampak warga yang datang ke lokasi CFD ini semakin ramai. Warga kota nampak antusias dan bersemangat untuk berolahraga pagi, karena sudah dua tahun tidak merasakan CFD.

Selain berjalan, dan berlari/maraton, banyak juga warga yang bersepeda. Ada sepeda dayung dan ada juga yang memakai sepeda listrik. Anak-anak, remaja, dewasa, tua dan muda semua tumpah ruah ke Jalan Sudirman, lokasi CFD diadakan.

Selain berolahraga, ada juga di sudut-sudut lokasi CFD para pihak yang menyiapkan panggung untuk hiburan. Di sini juga warga bisa ikut senam bersama, dapat pula Doorprize dan hiburan. Sekitar 3 jam, lokasi CFD ini ramai oleh warga kota, mengobat kerinduan berolahraga pagi setelah dua tahun tidak ada CFD.

Keramaian terlihat di atas fly over Sudirman di depan hotel Premiere Pekanbaru. Dua jalur jalan fly over ini dari kejauhan nampak dipenuhi oleh warga. Ada yang berolahraga, tak ketinggalan ada juga yang foto-foto dan selfie. Mereka abadikan momen CFD, karena sudah lama sekali tidak merasakan keramaian dan keseruan seperti itu. CFD Pekanbaru aktif lagi, dan warga kota sangat menikmatinya. (Km1/irg)

Check Also

Ini Dia, Kegiatan Mahasiswa Kukerta Unri di Desa Limau Manis Airtiris Kabupaten Kampar

Peduli Stunting, Bagikan Ratusan Salad Buah Gratis Mahasiswa Kukerta Unri saat membagikan salad buah di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.