Sabtu , 18 Mei 2024

Saidul Tombang Bersiap Jadi Calon Wakil Bupati Kampar

Tokoh Gusdar Langsung Serahkan Berkasnya ke Ketua PKS Kampar

Saidul Tombang (tengah), bersama-sama ikut menyerahkan berkas.

GUSDAR (Khabarmetro.com) – Tokoh masyarakat Gunung Sahilan Darussalam (Gusdar) menyerahkan secara langsung berkas pendaftaran bakal calon wakil Bupati Kampar melalui Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kampar, atas nama Saidul Tombang, Pimpinan Pondok Pesantren Annizham Darussalam.

Penyerahan berkas pencalonan itu digelar di sela-sela silaturahmi ketua DPD PKS Kampar Ustadz Tamarudin ke Gunung Sahilan Darussalam, persisnya di Pondok Pesantren Annizham Darussalam, Ahad (19/11/2023) siang. Turut disaksikan Sekretaris BPW PKS Sumatera Bagian Utara, H Teguh Sahono.

Penyerahan berkas itu diwakili oleh tokoh masyarakat Gusdar Hasmizon yang juga mantan Kades Gunung Sahilan dan ninik mamak Kenegerian Gunung Sahilan Darussalam. Dan, disaksikan oleh para tokoh lain dan masyarakat Gusdar yang hadir pada saat itu.

Hasmizon, usai penyerahan berkas dia menyampaikan, bahwa Saidul Tombang adalah tokoh alim ulama Gusdar yang selama ini telah menjadi pelita bagi kehidupan keagamaan di Gusdar.

“Buya Saidul itu adalah orang semondo masyarakat Gusdar yang terbukti telah membangun Gusdar melalui jalur pendidikan keagamaan dengan mendirikan pesantren. Kami sebagai tokoh Gusdar bersama-sama melihat bagaimana dia membangun Pesantren ini dari nol hingga besar seperti saat ini,” terang Hasmizon.

Dia mengisahkan bahwa awalnya Gusdar ini tidak memiliki Pesantren, banyak yang meragukan keberadaan pesantren yang dia bangun ini, karena berada di tengah perkebunan kelapa sawit. Jaraknya pun sangat jauh dari permukiman penduduk. Masih banyak hewan liar.

“Dulu wilayah ini hanya hutan dan perkebunan. Sarangnya babi hutan dan hewan liar, sekarang sudah ramai. Maka kami yakin, membangun dalam hutan saja dia mampu, apalagi membangun dan membenahi Kampar ini,” tutur mantan Kades Gunung Sahilan ini.

Sementara itu Saidul Tombang, di tempat yang sama menyampaikan, bahwa niat maju ini spontanitas saja. Menawarkan alternatif kepada DPD PKS Kampar. Apalagi dia saat ini masih terdaftar sebagai kader PKS, maka sewajarnya turut berkontribusi membangun daerah melalui partai tempat bernaung.

“Semua kita percayakan kepada pengurus PKS Kampar, mana tahu kontribusi saya dibutuhkan dalam membangun Kampar. Soal kesiapan, insyaAllah kita siap. Semua proses akan kita lalui,” kata pimpinan Inforiau Media Group ini, mantap.

Ketua DPD PKS Kampar, Ustadz Tamarudin SPd, di tempat yang sama menyatakan bahwa ia telah lama mengenal Buya Saidul Tombang. Semenjak masa kuliah di IAIN Susqo (UIN Suska sekarang), sebab dia adalah junior Buya Saidul. Intensnya adalah beberapa tahun belakangan ini semenjak Buya Saidul Tombang menjadi kader PKS Kampar dan sempat dicalonkan sebagai Caleg PKS Kampar tahun 2019 lalu.

“Apalagi saat ini dia berhasil membangun Pesantren dalam 4 tahun terakhir. Relasi beliau bagus. Kemampuan manajemen dan kepemimpinan Buya Saidul sudah tidak diragukan lagi, dan beliau memiliki pengalaman dan kemampuan yang tidak diragukan lagi untuk bisa memimpin yang lebih tinggi lagi dari pondok,” ucap anggota DPRD Riau yang baru dilantik tersebut.

Saidul Tombang merupakan putra Kecamatan Tambang dengan istri dari Kecamatan Gunung Sahilan, Kampar Kiri. Usai kuliah di IAIN Susqo Pekanbaru, beliau aktif sebagai wartawan. Pernah di Riau Pos Media Grup, terakhir mendirikan media cetak yaitu Koran Inforiau. Selain jurnalis, beliau juga novelis, santri, budayawan hingga penggerak organisasi keagamaan dan kepemudaan.

Saat ini beliau membina Pondok Pesantren Annizham Darussalam di Kecamatan Gunung Sahilan persisnya di Desa Sahilan Darussalam. (Km1/irg)

Check Also

Pemkab Rohil Anggarkan Tunjangan PPPK 1 Juta Perbulan

BAGANSIAPIAPI -Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SI.p, MS.i, menyetujui usulan para Pegawai Pemerintah dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *