Minggu , 5 Desember 2021

Ratusan Pejabat Meranti Ikuti Ujian Psikotes

 

MERANTI (Khabarmetro.com) – Sebanyak 600-an Pejabat Eselon III dan IV serta sejumlah staf yang sudah memenuhi persyaratan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti mengikuti Psikotes, Rabu (4/8/2021).

Tes Psikologi ini akan berlangsung selama dua hari yaitu sampai dengan Kamis (5/8/2021). Psikotes ini dilaksanakan di SMPN 1 dan SMPN 2 Tebingtinggi.

Dari pengakuan sejumlah pejabat setidaknya ada sebanyak 225 soal objektif yang harus diisi secara manual menggunakan lembar jawaban. Pejabat di Meranti ini juga diminta untuk membuat sebuah gambar utuh seseorang yang terlintas di pikirannya masing-masing.

Dari pengakuan sejumlah pejabat yang telah selesai melaksanakan psikotes ini yang paling sulit adalah menggambar orang. Hal itu dikarenakan tidak memiliki kecakapan untuk menggambar secara baik seperti seorang pelukis.

“Yang agak sulit itu adalah menggambar orang. Tadi terpaksa menggambar saja, walaupun hasilnya tidak maksimal,” ungkap Sekretaris BKD, Bakharudin.

Hal itu juga diakui oleh Sekretaris DPMD, H Edi. Ia bahkan menggambar orang yang sedang menunjuk.

“Agak susah memang menggambar orang. Mungkin karena kita tidak memiliki kemampuan di bidang itu. Namun tetap kami selesaikan. Apalagi waktu yang disediakan untuk menggambar hanya lima menit saja,” ujarnya.

Untuk diketahui, Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH juga berkesempatan untuk melihat pejabatnya yang sedang ujian di SMPN 1 Tebingtinggi. Tes yang dilakukan tersebut untuk melihat karakter masing-masing pejabat.

“Sehingga kita bisa mengenal karakter pejabat kita nanti. Dengan begini, kita bisa menempatkan sesuai dengan kemampuan dan karakter masing-masing,” katanya.

Psikotes ini juga sebagai persiapan menjelang pelantikan pejabat eselon III dan IV yang sudah ditargetkan Adil.

Lebih jauh, orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu menegaskan akan segera melakukan pelantikan pejabat eselon II dan IV di Lingkungan Pemkab Meranti. Secara tegas disebutkannya pelantikan ditargetkan bisa terlaksana pada 27 atau 28 Agustus nanti.

Apalagi, sesuai aturan bupati dan wakil bupati baru bisa melantik pejabat eselon paling cepat 6 bulan setelah dilantik. Artinya setelah dirinya dilantik menjadi Bupati Meranti bersama Wabup, AKBP (purn) H Asmar pada 26 Februari lalu, maka baru bisa melantik sekitar Tanggal 27 atau 28 Agustus nanti.

“27 atau 28 Agustus nanti rencana kita akan melantik pejabat eselon III dan IV. Sehingga pejabat definitif yang akan duduk pada jabatan memang orang yang bisa bekerja dalam mewujudkan visi dan misi kami,” tegasnya. (km6)

Check Also

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Ini Dia Kegiatan yang Ditaja Dinsos Riau

Setelah Lama Tertunda, Lomba dan Pelepas Dahaga Dinas Sosial Riau mengadakan aneka perlombaan sempena Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *