Sabtu , 18 September 2021

Program Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Edukasi Gizi dan Pengetahuan Konsumsi Tablet Fe

PEKANBARU- Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Program Studi Kebidanan Program Sarjana, Tridarma Perguruan Tinggi Stikes Al Insyirah Pekanbaru menggelar kegiatan Edukasi Gizi dan Pengetahuan Konsumsi Tablet Fe pada remaja.

Kegiatan ini dilakukan oleh tiga orang tim dosen dan satu orang mahasiswa STIKes Al Insyirah Pekanbaru, pada hari Sabtu, tanggal 27 Maret 2021, bertempat di Pondok Pesantren Al Munawwarah dengan sasaran Santriwati.

Sebagai ketua pelaksana dalam kegiatan ini adalah Rani Nur Setya Ningsih, SST, MKM dengan anggota tim Meirita Herawati, M.Tr.Keb, dan Komaria Susanti, SST, M.Kes.

Kegiatan ini dilakukan kepada masyarakat sebagai wujud dari Tridarma Perguruan Tinggi seorang dosen dengan tema, ‘Edukasi Gizi dan Pengetahuan Konsumsi Tablet Fe pada Remaja Putri melalui program Student Friendly’. Kegiatan ini terlaksana, juga dari pendanaan STIKes Al Insyirah Pekanbaru.

Dikatakan Rani Nur Setya Ningsih, SST, MKM, perilaku hidup sehat sejak usia dini merupakan salah satu upaya yang cukup penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang produktif dan berkualitas di masa yang akan datang. Beberapa perilaku beresiko pada remaja di antaranya, masalah kesehatan dan gizi.

Remaja lebih terbuka pada teman sebaya. “Karena itu konselor remaja sangat dibutuhkan untuk memberikan informasi dan berdiskusi dan memberikan saran dan masukan sehubungan dengan perilaku konsumsi tablet Fe,” jelasnya.

Metode yang akan digunakan dalam kegiatan pembentukan program “student friendly” ini, yaitu metode ceramah dan tanya jawab, untuk menyampaikan materi-materi yang diperlukan untuk program “student friendly”.

Metode pelatihan dan demonstrasi di gunakan untuk memperkenalkan dan mempraktikkan alat-alat kesehatan dan metode Focus grup discussion untuk pelatihan konseling teman sebaya tentang hidup sehat.(rls)

Check Also

Pemkab Inhu Permudah  Transaksi Melalui Aplikasi “Bela Pengadaan”

Bupati : Pemerintah Perlu Memberikan Kesempatan Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil    INHU (Khabarmetro.com)– Untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *