Sabtu , 18 Mei 2024

PLTA Buka Pintu Air, Warga Sepanjang Sungai Kampar Diimbau Waspada Banjir

Kades Limau Manis: Diumumkan saat Sholat Jumat

Kades Limau Manis Khairul Anwar.

PEKANBARU (Khabarmetro.com)- Pihak PLN menyebarkan surat berisikan informasi tentang rencana mereka membuka pintu air di PLTA Koto Panjang. Tindakan ini biasanya akan berakibat banjir di desa-desa/kawasan di sepanjang tepian Sungai Kampar.

Untuk itulah, seluruh masyarakat diminta waspada. Diharapkan masyarakat lebih hati-hati ketika akan ke sungai. Rencana buka pintu air ini akan dilakukan pihak PLN pada Jumat siang (24/11/2023). Sesuai surat yang beredar, sekitar pukul 14.00 wib.

Surat dari PLN bernomor 0020/SURAT KELUAR/ULPLTA KTPJ/2023 perihal Pembukaan Pintu Pelimpah PLTA Koto Panjang, menyebutkan, akibat curah hujan tinggi dan kenaikan elevasi air waduk PLTA maka perlu dilakukan pembukaan pintu air.

Salah seorang kepala desa, Kades Limau Manis Kecamatan Kampar Khairul Anwar, saat dihubungi membenarkan adanya surat dari pihak PLN tersebut.

“Petugas PLN sudah megantar langsung surat pemberitahuan akan dibuka pintu air PLTA. Kami akan umumkan nanti saat sholat Jumat, agar semua warga tahu,” kata Si An, panggilan akrab Khairul Anwar.

Ia mengaku, kalau ada rencana dari PLTA seperti ini memang selalu diberitahu. Warga Desa Limau Manis pun sudah senantiasa waspada mengantisipasi terjadinya luapan air sungai atau bajir dari Sungai Kampar.

Bila dilihat ke belakang, Desa Limau Manis ini, dulu selalu langganan banjir saat akhir tahun atau musim hujan. Ketika itu, bendung PLTA Koto Panjang belum dibangun seperti sekarang.

Masyarakat di desa ini sudah terbiasa dengan kondisi banjir. Tapi sejak ada bendungan PLTA Koto Panjang, rutinitas banjir seperti dulu sudah jarang terjadi. Baru akan terjadi banjir ketika PLTA Koto Panjang membuka pintu air. (Km1/irg)

Check Also

Pemkab Rohil Anggarkan Tunjangan PPPK 1 Juta Perbulan

BAGANSIAPIAPI -Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SI.p, MS.i, menyetujui usulan para Pegawai Pemerintah dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *