Kamis , 27 Januari 2022

PERTANIAN PELUANG USAHA BAGI PEMUDA


Bangkinang, (khabarmetro. com)
Usaha bidang pertanian merupakan hal yang menjanjikan. Karenanya perlu dilakukan dengan sungguh oleh kalangan pemuda.
Hal ini dikatakan Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan ( KTNA) Provinsi Riau, Drs. H. Yusri, M.Si saat melakukan panen perdana cabe marah keriting yang dikelola oleh millenial muda pengurus panti asuhan putra Kecamatan Bangkinang Kota, Kamis (13/1/22).

Yusri usai melakukan panen tersebut mengatakan, pada zaman sekarang ini sangat dibutuhkan millenial muda yang mau bertani seperti ini, karena menjadi pertani tidak akan pernah berdampak pada resesi ekonomi.

“Orang tua yang berprofesi sebagai petani, ayo bawa anak muda kita untuk bertani, ajarkan mereka memahami pertanian, karena saat ini, menjadi petani juga merupakan suatu profesi yang menjanjikan bagi generasi muda kita asalkan serius dan tekun menjalaninya,” ujar Yusri.

Yusri berharap, setiap hari ada kelompok tani yang melakukan panen apa saja yang mereka tanam. Jika sekiranya harga pasar turun, para petani boleh mengundang pemerintah daerah mulai dari Bupati sampai dengan kepala OPD untuk melakukan panen bersama untuk sekaligus membeli semua hasil panen para patani dengan harga jauh lebih tinggi dengan tujuan untuk membantu para petani di Kabupaten Kampar. (Rilis/her).

Brt Rilis:
KAMPAR TEKEN MoU DENGAN UGM JOGYAKARTA

Yogyakarta (khabarmetro.com) – Untuk memajukan bidang pendidikan dan kesejahteraan, Pemerintah Kabupaten Kampar melakukan Memorandum of understanding (MoU) dengan salah satu perguruan tinggi terkemuka yakni Universitas Gajah Mada Jogyakarta. Bentuk kerjasama itu dengan meneken perjanjian antara kedua belah pihak yang disaksikan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Rabu (12/1/22)

Kerjasama ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan Pemkab Kampar untuk menjawab berbagai persoalan kemasyarakatan serta untuk mewujudkan Kabupaten Kampar yang maju dan sejahtera.

Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH, MH menyaksikan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Gajah Mada. Pemkab Kampar yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar dengan Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat (DPKM) Universitas Gajah Mada, bertempat di Di Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Penandatangan MoU dilakukan oleh Kepala Bappeda Kampar Ardi Mardiansyah, S.STP dan Prof. Ir. Irfan Dwidya Prijambada, M. Sc. Ph.D dai DPKM UGM terkait dengan Pembangunan Daerah melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

“Alhamdulillah kita telah melakukan penandatangan MoU dengan UGM Yogyakarta, ini untuk kemajuan masyarakat Kabupaten Kampar. Kita akan petakan berbagai persoalan yang saat ini kita hadapi, Bappeda selaku leading Sektor dengan satu datanya, kita¬† akan melakukan pemetaan pada berbagai bidang seperti pertanian, pariwisata, lingkungan hidup maupun data dan pemetaan pada semua OPD di lingkup Pemkab Kampar,” ujar Catur Sugeng yang didampingi oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kampar Ardi Mardiansyah, S. STP, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kampar Aliman Makmur, Kepala Dinas Perhubungan Kampar Amin Filda.

Ikut hadir Kepala DPMPTSP Kampar Hambali, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kampar Nur Ilahi Ali, S. P, M. Ma, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Zulia Dharma, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril S.STP, Kepala Bagian Kerja sama Setda Kampar Nur Azman dan Kepala Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Setda Kampar Irwan AR.

Catur menyebut, tindak lanjut dan implementasi ini akan kita Laksnaakan sesuai dengan materi dan isi MoU kedua belah pihak, initi dari kerjasama ini untuk pembangunan kemasyrakatan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, semoga ini segera dapat kita wujudkan ” Kata Catur lagi.

Tujuan Perjanjian ini adalah untuk mensinergikan program dan kegiatan Pemkab Kampar dalam rangka kebutuhan data spasial pemetaan partisipasif terkait pelaksanakan kebijakan satu data satu peta (one map policy) melalui program kuliah kerja nyata sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing,” tutup Catur.

Sementara itu Direktur Pengabdian Kepada Masyarakat Prof. Ir. Irfan Dwidya Prijambada, M. Sc. Ph.D yang didampingi oleh Dr. Ir. Ambar Kusumandari, M Sc menyatakan bahwa setelah penandatangan ini tentunya langkah yang kita lakukan dengan pengiriman mahasiswa UGM ke Kabupaten Kampar, yang diawali dengan pengkajian dan pemetaan di lapangan untuk riset untuk menjawab persoalan yang di masyarakat ” Kata Prof. Ir. Irfan Dwidya *Prijambada, M. Sc. Ph.D.*

Prof Irfan melanjutkan, ruang lingkup perjanjian ini meliputi bidang perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi, penelitian terkait dengan pembangunan daerah melalui program kuliah kerja nyata; dan, pengembangan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkait dengan pembangunan daerah melalui program kuliah kerja nyata” Kata Prof. Irfan lagi.

Bersama dengan tim kajian UGM dan tim peneliti beserta dosen akan merumuskan sesuai dengan kebutuhan” Kata Prof. Irfan Dwidya Prijambada.

Diakhir pertemuan Bupati Kampar dan Direktur DPKM UGM saling menerima dan menyerahkan cenderamata dan dilanjutkan dengan Photo bersama (Rilis/her).

Check Also

Fokus Untuk Kemajuan Desa & Kemakmuran Masyarakat Batang Kumu

Rokan Hulu – Pelantikan Kepala Desa (Kades) Terpilih serta Para Kades Pengganti Antar Waktu (PAW) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *