Minggu , 5 Desember 2021

Pengabdian Masyarakat Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan ibu dan Balita di Posyandu Senyum Balita Kecamatan Marpoyan Damai kota Pekanbaru

PEKANBARU – Tiga orang tim dosen dan tiga orang tim mahasiswa STIKes Al Insyirah Pekanbaru menjalani kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Sabtu (10/12/20) lalu di posyandu senyum balita kartama raya pekanbaru.

Kegiatan yang diselenggarakan secara protokol kesehatan tersebut, diikuti 23 orang dari sasaran 50 orang responden, serta didampingi Ketua RT dan ibu- ibu kader Posyandu. Dimana program kali ini berjudul “Upaya Peningkatan Derajat Kesehatan Ibu dan Balita,”

Kegiatan yang dilakukan untuk masyarakat ini, sebagai wujud dari tridarma perguruan tinggi dosen dalam pengabdian pada masyarakat. Kegiatan ini juga terlaksana dari pendanaan STIKes Al Insyirah Pekanbaru.“ kata Ketua pelaksana kegiatan, Yesi Septina Wati, SST, M Kes di damping anggota Tim Ary Oktora Sri Rahayu SST MKes dan Komaria Susanti, SST, M.Kes.

Ilmu kesehatan masyarakat adalah suatu ilmu seni yang bertujuan untuk mencegah timbulnya penyakit, memperpanjang umur, meningkatkan kesehatan, melalui usaha-usaha kesehatan masyarakat.

Ilmu kesehatan masyarakat banyak merangkul berbagai aspek kesehatan didalamnya. Diantaranya ada upaya dalam meningkatkan status kesehatan ibu dan anak, wanita usia lanjut serta wanita masa subur.

“Disini perlu diperhatikan khusus dalam memberikan serta dalam meningkatkan kesehatan empat golongan tersebut,” jelasnya.

Selain itu, kesehatan merupkan kebutuhan dengan hak setiap insan agar dapat kemampuan yang melekat dalam diri setiap insan. Hal ini hanya dapat dicapai bila masyarakat, baik secara individu maupun kelompok, berperan serta untuk meningkatkan kemmpuan hidup sehatnya.

Kemandirian masyarakat diperlukan untuk mengatasi masalah kesehatannya dan menjalankan upaya pemecahannya sendiri adalah kelangsungan pembangunan.

GBHN mengamanatkan agar dapat dikembangkan suatu sistem kesehatan nasional yang semakin mendorong peningkatan peran serta masyarakat.

Kemampuan masyarakat perlu ditingkatkan terus menerus untuk menolong dirinya sendiri dalam mengatasi masalah kesehatan.

Kegiatan pembinaan yang di lakukan oleh bidan sendiri antara lain mempromosikan kesehatan dalam pelayanan agar peran serta ibu, remaja, wanita, keluarga dan kelompok masyarakat di dalam upaya kesehatan ibu, anak dan keluarga berencana meningkat.

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penaggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan/atau perawatan termasuk kehamilan dan persalinan.

“Pendidikan kesehatan adalah proses membantu sesorang, dengan bertindak secara sendiri-sendiri ataupun secara kolektif, untuk membuat keputusan berdasarkan pengetahuan mengenai hal-hal yang memengaruhi kesehatan pribadinya dan orang lain,” tuturnya. (rls)

Check Also

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Ini Dia Kegiatan yang Ditaja Dinsos Riau

Setelah Lama Tertunda, Lomba dan Pelepas Dahaga Dinas Sosial Riau mengadakan aneka perlombaan sempena Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *