Sabtu , 18 September 2021

Pengabdian Mahasiswa Kukerta Unri di Kelurahan Tobek Godang Bantu Sukseskan Program Kampung Iklim (ProKlim) Utama dan Lestari

PEKANBARU (khabarmetro.com) – Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau membantu menyukseskan kegiatan Program Kampung Iklim (Proklim) kategori Utama dan Lestari di RW 02 dan 03 Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru, pada hari Kamis (22/7). Kelurahan Tobek godang, Kecamatan Binawidya, merupakan satu-satunya lokasi Program Kampung Iklim (ProKlim) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang berada di provinsi Riau.
Program Kampung Iklim (ProKlim) merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi di masing-masing wilayah.
Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) wilayah Sumatera, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan verifikasi Program Kampung Iklim (Proklim) kategori Utama dan Lestari di RW 02 dan 03 Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru, pada Kamis (22/7).
Kegiatan verifikasi kali ini Terintegrasi dengan Tim Kukerta Universitas Riau yang diketuai oleh Nicola Rabb Ranata, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 9 orang berasal dari 3 fakultas diantaranya fakultas Teknik, fakultas Matematika dan Ipa serta Fakultas Keperawatan. Kegiatan ini dilangsungkan secara virtual dan diikuti oleh Camat Binawidya Edi Suherman, Lurah Tobek Godang Yasir Arafat beserta jajaran, Babinsa Kelurahan Tobek Godang  Misbahuddin, Ketua RW 02 dan 03, dan juga sejumlah ketua RT.
Tim Kukerta dibagi menjadi beberapa kelompok yang tersebar di beberapa lokus (lokasi fokus) yang berbeda seperti area resapan, area pengomposan dan biopori, area penanaman hidroponik, area perkebunan dan lokasi fokus proklim lainnya. Masing-masing kelompok nantinya akan menjelaskan mengenai lokus tersebut kepada tim verifikasi secara virtual.

Ketua Kukerta Universitas Riau Nicola Rabb Ranata mengatakan bahwa program tersebut sudah direncanakan dan dijalankan sesuai dengan tema dari Kukerta Universitas Riau. Tim Kukerta Kelurahan Tobek Godang turut berpartisipasi dengan kegiatan proklim tersebut “ Dengan berbagai persiapan dari teman-teman dan juga kerja keras semua pihak Lingkungan Kelurahan Tobek Godang, akhirnya hari ini adalah penentu terbayarnya semua persiapan yang telah dilakukan,” katanya, Kamis (22/7/2021) lalu.
Dikatakan, yang ikut dalam kegiatan Proklim tersebut merupakan masyarakat RW 02 dan RW 03. Dimana ada sebanyak 2 ketua RW dan setiap Ketua RT di Juga turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
“Semoga kedepannya RW lainnya yang ada di kelurahan Tobek Godang juga ikut menyukseskan Program Kampung Iklim, mengingat pentingnya program ini dikarenakan Kota Pekanbaru sendiri perlu melaksanakan aksi mitigasi dan penurunan emisi gas rumah kaca”, tambahnya.
Sebelumnya diberitakan, dua RW di Kelurahan Tobek Godang di antaranya RW 02 dan 03 masuk dalam nominasi Proklim kategori Utama dan Lestari tahun 2021 yang ditaja Kementerian LHK melalui Balai PPIKHL wilayah Sumatera.
Dengan berbagai persiapan dan kerja keras semua pihak terutama RT-RW dan masyarakat,tim kukerta tobek godang berharap hasil verifikasi tersebut bisa mengantarkan RW 02 dan RW 03 untuk meraih predikat Proklim Utama dan Lestari di tingkat nasional.(KM3)

Check Also

Pemkab Inhu Permudah  Transaksi Melalui Aplikasi “Bela Pengadaan”

Bupati : Pemerintah Perlu Memberikan Kesempatan Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil    INHU (Khabarmetro.com)– Untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *