Sabtu , 31 Juli 2021

Pemkab Inhu Ikuti Survey Kepuasan SP4N LAPOR Secara Virtual

 

INHU (Khabarmetro.com)– Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri ikuti Desiminasi Publik Hasil Survey Kepuasan “SP4N LAPOR” Secara Virtual, Kamis (01/07/2021), tampak hadir di tempat tersebut Zulkarnaen perwakilan dari Bagian Organisasi SETDA Inhu beserta staff, Al Ichsan Perwakilan Inspektorat Inhu beserta staff, dan Jawalter. S, M.Pd Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Inhu.

Acara diseminasi publik hasil survey kepuasan SP4N LAPOR ini dibuka secara langsung Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA selaku Deputi Bidang Pelayanan Publik melalui live zoom webinar.

Survey kepuasan masyarakat pengguna SP4N Lapor adalah bagian dari kerjasama tripartit Kementerian PANRB dengan UNDP dan KOICA untuk mengembangkan strategi nasional sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang komprehensif dan terintegritas.

Diah Natalisa menyebutkan Acara diseminasi hasil survei kepuasan ini memiliki tujuan meningkatkan visibilitas hasil penetilian dan mendorong keterlibatan publik untuk lebih aktif dalam pelayanan publik, mendorong partisipasi publik yang lebih luas untuk menggunakan SP4N Lapor.

“Sebesar 75, 7% indeks kepuasan pengguna platform SP4N Lapor, secara umum memiliki respon baik yang digunakan untuk menyampaikan pengaduan, saran dan apresiasi kepada pemerintah” jelas Diah Natalisa.

Diseminasi ini dipaparkan oleh beberapa nasumber yaitu Ir. Iman Hilman, MM, Drs. Yanuar ahmad, MPA, Agung Hardjono, dan Meuthia G Rochman, Ph. D.

Ir. Iman Hilman, MM selaku ketua Tim peneliti dari PT. Prima kelola IPB menyampaikan secara umum responden sudah puas dengan SP4N Lapor! Sebagai media menyampaikan pengaduan dan SP4N Lapor dalam menangani pengaduan masyarakat. Hal ini ditujukkan oleh indeks kepuasan masyarakat pengguna (75,7).

Lanjutnya angka kepuasan masyarakat pengguna tahun ini meningkat dibandingkan hasil survei tahun lalu. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata yang puas dan sangat puas (top two boxes) dari setiap atribut yang lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Adapun atribut yang relatif rendah adalah kecepatan respon dari instansi terkait terhadap pengaduan yang disampaikan.

Dari temuan survei yang ditemukan ada beberapa rekomendasi kebijakan salah satunya adalah diperlukan sosialisasi yang masif tentang keberadaan SP4N Lapor! Untuk meningkatkan awereness masyarakat.

“Sosialisasi dilakukan melalui beragam media terutama media sosial dan untuk mendorong masyarakat menggunakan aplikasi SP4N-Lapor! Diandroid karena akan lebih praktis dan mudah” tutup Iman Hilan.(dwi,red)

Check Also

KPU Inhu Hibahkan APD Kepada Pemda Inhu

PEMATANGREBA (Khabarmetro.com)–  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) hibahkan Barang Milik Negara (BMN) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *