Sabtu , 18 September 2021

Pelatihan Kewirausahaan : Program Kewirausahaan Pengabdian Masyarakat UNRI berkerjasama dengan Lembaga Pabrik Cerdas

Pekanbaru (khabarmetro.com) – Kamis (05/08/2021), Kegiatan pelatihan pengembangan website ONSPOT yang dilaksanakan Kamis (05/08/2021) di Lembaga Pabrik Cerdas. Acara ini merupakan salah satu program dosen yang bertujuan untuk melahirkan jiwa enterpreneurship pada mahasiswa. Pelatihan ini ditujukan agar mahasiswa dapat mengelola dan memasarkan suatu produk dengan baik melalui media online. Meskipun kegiatan dilaksanakan dimasa pandemi, acara yang dimulai dari pukul 09.30 WIB sampai selesai, dapat berlangsung secara kondusif dan berjalan lancar.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC yaitu bapak Angga Pramana, SP, M.Sc sebagai Dosen Pendamping Lapangan Program pengabdian masyarakat dalam bidang kewirausahaan. Pak Angga menyebutkan bahwa acara ini dilaksanakan bertujuan mengajarkan mahasiswa, khususnya mahasiswa KUKERTA UNRI untuk dapat mengelola digital marketing produk ON SPOT. Brand ini dirintis oleh seorang mahasiswa yang bernama Rizky Azhari, S.TP. Produk yang dijual berupa soyghurt ice stick dengan 3 varian rasa yaitu Yoghurt Stick, Kefir Stick, dan Milk Stick. “Soyghurt merupakan minuman fungsional yang sangat baik diminum untuk meningkatkan imun tubuh, apalagi ditengah masa pandemi”, tambah Pak Angga.

Acara selanjutnya yakni kata sambutan dari Ibu Nita selaku direktur lembaga pabrik cerdas. Sebagai direktur Lembaga Pabrik Cerdas Ibu Nita terjun langsung dalam komunitas Enterpreuneurship sekaligus membina UMKM yang ada di Provinsi Riau. Beliau menawarkan akan diadakan pelatihan Digital Marketing, yang diperuntukkan bagi umur dan gratis. Bu Nita juga menyebutkan bahwa lembaga pabrik cerdas siap bekerja sama dengan program kewirausahaan produk ONSPOT.

Selanjutnya kata sambutan dari Ibu Yelmira Zalfiatri, S.T, M.Eng, selaku dosen tim pengabdian masyarakat. Beliau mengenalkan awal mulanya produk ONSPOT, yang merupakan cikal bakal dari binaan Ibu Dr. Ir. Evy Rossi, M.Sc, yang banyak membina mahasiswa di bidang pangan fungsional, salah satunya produk soyghurt. Produk soyghurt diikutkan dan didanai dalam ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa, sehingga dibuatlah brand produk yang bernama ONSPOT.   Oleh sebab itu, diharapkan pelatihan website ONSPOT dapat memasarkan produk di era digital. Bu Yelmira juga berterima kasih atas tawaran pelatihan yang diadakan, yang mana pelatihan tersebut sangat diperlukan sebagai pendamping ijazah, sehingga dapat menambah nilai tambah untuk lulusan ketika terjun ke dunia pekerja. Beliau menyebutkan bahwa banyak produk hasil pengolahan pertanian yang inovatif dan kreatif, telah dihasilkan oleh mahasiswa Jurusan Teknologi Pertanian, sehingga diperlukan pengembangan komersil guna mempermudah pemasaran.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dipandu oleh narasumber yakni bapak Dewa. Beliau menjelaskan bagaimana cara penggunaan website ONSPOT dan secara detail menjelaskan fungsi dari website tersebut. Lewat website ONSPOT ini kita bisa mempromosikan jualan kita dengan mudah dan tentunya bisa diakses dimana saja hanya dengan menggunakan smartphone saja. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu pemasaran dari Usaha produk produk ONSPOT.(km3)

Check Also

Pemkab Inhu Permudah  Transaksi Melalui Aplikasi “Bela Pengadaan”

Bupati : Pemerintah Perlu Memberikan Kesempatan Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil    INHU (Khabarmetro.com)– Untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *