Rabu , 27 Oktober 2021

Pelan tapi Pasti, Dinas PUPR Kota Pekanbaru Normalisasi Sungai Sail

Kata Kadis, Ini Pelaksanaan Masterplan Pengendalian Banjir

Alat berat nampak sedang bekerja melakukan normalisasi Sungai Sail.

 

PEKANBARU (Khabarmetro.com) – Perlahan tapi pasti, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus menjalankan perencanaan masterplan pengendalian yang telah disusun di tahun 2020. Saat ini Dinas PUPR melakukan normalisasi Sungai Sail.

Hal itu disampaikan oleh Kadis PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, saat dihubungi pada Sabtu (25/9/2021).

“Saat ini alat kita telah jalan satu buah untuk normalisasi Sungai Sail. Sungai Sail ini merupakan salah satu dari tiga sungai sebagai limpasan air selain Sungai Siak dan Sungai Siak,” kata Indra Pomi.

Saat ini Sungai Sail terdapat penyempitan badan sungai, pendangkalan dan terdapat unggukan pasir di tengah sehingga menyebabkan terhalangnya jalannya air ke hilir sungai.

“Pengerukan ini bertujuan menambah daya tampung sekaligus memperlancar aliran air sehingga bisa meminimalisir banjir terutama saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Dan buangan bahan padat dari dalam sungai akan kita fungsikan sebagai tanggul membentuk badan sungai,” tambahnya.

Namun dia menyebut saat ini Dinas PUPR Pekanbaru hanya memiliki satu alat berat yaitu eskavator long arm.

“Kita berharap ada bantuan alat dari BWSS III Riau untuk normalisasi sungai di Pekanbaru. Karena jika yang jalan satu alat maka target pekerjaan tidak terkejar,” kata Indra Pomi lagi.

Saat ini prioritas normalisasi oleh Pemko Pekanbaru adalah aliran sungai sekitar jembatan Sail-Setia Maharaja, jembatan Sail-Arifin dan pertemuan sungai Batak dan Sungai Sail. (Km1/rls)

Check Also

Aklamasi, Jimmy Kurniawan Kembali Pimpin APSAI Pekanbaru

Pelantikan Pengurus, Dijadwalkan November 2021 Anggota dan Pengurus APSAI Kota Pekanbaru bersama Kadis P3APM Chairani …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *