Senin , 3 Oktober 2022

Peduli Kota Layak Anak, APSAI Terima Penghargaan dari Pemko Pekanbaru

Sebelumnya, Terima Penghargaan dari Gubri H Syamsuar pada 2019

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP (dua kiri) dan istri usai menyerahkan penghargaan. Sekretaris APSAI Khairul Amri (empat kanan), satu di antara penerima.

PEKANBARU (Khabarmetro.com)- Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Kota Pekanbaru menerima penghargaan dari Pemko. Piagam penghargaan diserahkan oleh Pj Wali Kota Muflihun SSTP MAP saat puncak perayaan Hari Anak Nasional (HAN) di Komplek Perkantoran Tenayan Raya.

HAN setiap tahun diperingati pada 23 Juli. Tahun ini, Pemko Pekanbaru merayakan HAN tingkat Kota Pekanbaru pada Kamis, 11 Agustus. “Dua tahun kita didera Covid. Tahun ini, walau Covid sudah landai, kita tetap waspada. Dan, kembali tahun ini, perayaan HAN tingkat Kota Pekanbaru bisa kita adakan,” ucap Wako Muflihun dalam sambutannya.

Penghargaan yang diterima APSAI Kota Pekanbaru, kemarin, menurut Ketua APSAI dr Jimmy Kurniawan MKK adalah yang kedua. Kali pertama, penghargaan untuk APSAI diberikan oleh Gubernur Riau H Syamsuar pada Agustus 2019 lalu. Keduanya diterima APSAI, karena dianggap telah membantu dan peduli serta berkomitmen untuk membantu pemerintah mewujudkan Kota Layak Anak (KLA).

Tahun 2022 ini, Kota Pekanbaru berhasil mempertahankan peringkatnya di tingkatan KLA Nindya. Sementara tingkatan di atas itu, yakni KLA Utama masih perlu upaya bersama untuk meraihnya. Peringkat tertinggi, adalah KLA (Kota Layak Anak). Sejauh ini, se Indonesia belum banyak kota/kabupaten yang sampai pada KLA tersebut.

Penghargaan kepada APSAI diberikan oleh Pj Wako lewat Kapolresta Pekanbaru.

Usai menerima penghargaan dari Pj Wako Pekanbaru, Sekretaris APSAI Khairul Amri yang hadir mewakili Ketua APSAI, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas apresiasi itu. Kepada seluruh anggota dan pengurus APSAI Kota Pekanbaru, Khairul mengucapkan terima kasih. Berkat kerja bersama Pemko melirik APSAI, dan memberikan penghargaan ini.

“Ini hasil kerja bersama. APSAI Kota Pekanbaru adalah mitra pemerintah untuk ikut mewujudkan Kota Layak Anak. Karena itu, apresiasi berupa piagam penghargaan ini tentu menjadi penyemangat bagi APSAI untuk bisa menjalankan program-program terbaiknya di masa datang,” kata Khairul.

Dijelaskannya, saat ini ada sekitar 50 Perusahaan se Kota Pekanbaru yang resmi bergabung ke APSAI. Yang masuk kategori aktif sekitar 70%. Dan, diharapkan kedepan semua anggota dan pengurus APSAI bisa lebih aktif, dan terus akan bertambah jumlah anggotanya.

Komitmen APSAI Wujudkan KLA

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3A PM) Chairani SSTP MSi mengucapkan terima kasih kepada APSAI atas komitmen dan dedikasi dalam ikut mewujudkan Kota Layak Anak.

“Kepada APSAI Kota Pekanbaru, kami sampaikan ucapan terima kasih. Dengan adanya bantuan dan kerjasama APSAI, maka KLA di Kota Pekanbaru bisa diwujudkan. Ke depan, semoga bisa terus bekerja sama,” kata Chairani.

APSAI, Forum Wartawa-KLA dan Forum Anak Kota Pekanbaru saat menerima penhargaan.

Sementara itu, di Komplek Perkantoran Wali Kota Pekanbaru Tenayanraya, kemarin, ribuan anak hadir dan meramaikan puncak perayaan HAN tingkat Kota Pekanbaru. Utusan anak-anak dari PAUD dan TK bersama para guru dan orang tua, dengan kostum warna warni membuat puncak HAN itu semakin semarak.

Ada juga penampilan anak-anak berkebutuhan khusus. Saat mereka tampil bernyanyi, tak sedikit pula hadirin dan undangan yang meneteskan air mata. Anak-anak ini, walau punya kekurangan, tapi mereka tetap aktif dan kreatif. Mereka juga sempat memberikan bunga kepada Pj Wako Pekanbaru dan tamu undangan lainnya.

Nampak hadir Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sabarudi, Kapolresta Pekanbaru, Komandan Kodim, Kejari Pekanbaru dan lainnya. Semua berbaur dengan anak-anak dan ikut bergembira bersama.

Pada kesempatan ini, isteri Pj Wako juga dinobatkan sebagai “Bunda Vaksin” Kota Pekanbaru. Sebab, seperti kata Pj Wako, anak-anak harus diberi vaksin dari sejak dini, agar perkembangan mereka baik untuk lahirkan generasi Pekanbaru yang cerdas dan berakhlak. (Km1/irg)

Check Also

Pj Walikota Buka Pelatihan Peran Intelijen untuk FKDM se-Kota Pekanbaru

    PEKANBARU (khabarmetro.com)- Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Kamis (29/9) menggelar kegiatan Pelatihan dan Sosialisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.