Rabu , 28 Februari 2024

Pawai Ta’ruf MTQ Riau di 8Inhu,Rohul Peserta Pawai Terpanjang Dan Teramai

 

Rengat (khabarmetro.com)- Pembukaan Pawai Ta’ruf Musabaqoh Tilawatil Quran Tingkat Provinsi Riau ke XLI (41) tahun 2023 di Kabupaten Indragiri Hulu (INHU) dilepas secara resmi oleh Plt Gubernur Riau yang diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Riau Masrul Kasmy, di Taman Kota Ruang Terbuka Hijau Kota Rengat, Sabtu (11/11/2023).

Kehadiran Plt Gubernur Riau yang diwakili Asisten 1 didampingi Ketua LPTQ Provinsi Riau dan Kemenag Provinsi Riau disambut dengan rangkaian tari persembahan dan dijemput langsung oleh Bupati Wali Kota Se Provinsi Riau.

Dari Rokan Hulu sendiri turut hadir dan memeriahkan pelaksanaan MTQ ke XLI tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Inhu bersama Bupati Rokan Hulu H.Sukiman, Wakil Bupati Rohul H.Indra Gunawan, Ketua DPRD Rohul Novli Wanda Ade Putra, ST,M.Si, Sekretaris Daerah Rohul Muhammad Zaki,S.STP,M.Si.

Turut hadir juga, Ketua TP PKK Rohul Hj.Peni Herawati Sukiman, Ketua GOW Rohul Ny. Sri Yulita Indra Gunawan, Ketua DWP Ny. Siska Irdaningsih Zaki, Ketua IKKD Rohul Helna Manda Hayati.

 

 

Sementara rombongan pawai ta’ruf dari Rokan Hulu dihadiri Seluruh Pejabat Eselon II, Eselon III Dinas, Para Camat se Rokan Hulu, Kades se Rokan hulu beserta para ASN di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Rokan Hulu.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, SE pada sambutannya menjelaskan bahwa adanya beberapa keunikan dalam pelaksanaan MTQ ke XLI tingkat Provinsi Riau di Rengat, dimana pada pelaksanaan MTQ ini sengaja dipusatkan di kawasan Objek Wisata Danau Raja Kota Rengat sama halnya dengan pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau pada tahun 2011 yang silam, selain dari pada itu, Lokasi ini juga sengaja dipilih sebab Danau Raja ini merupakan Satu diantara Dua Danau yang berada di tengah tengah Kota.

 

Pada kesempatan ini juga, Bupati Inhu berharap dan mengajak kepada seluruh Bupati dan Wali Kota, serta Wakil Bupati dan Wakil Wali Kota, se Provinsi Riau beserta rombongan untuk dapat bersama sama meramaikan dan memeriahkan serta mensukseskan pelaksanaan MTQ ke XLI tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Indra Giri Hulu (Inhu).

Selanjutnya, Plt Gubri yang diwakili Asisten 1 Masrul Kasmy dalam sambutannya mengapresiasi penyelenggaraan MTQ ke XLI tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Indragiri Hulu yang telah disiapkan dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten dan masyarakat. Ia berharap kegiatan MTQ ini dapat menjadi ajang silaturahmi antar daerah di Provinsi Riau, sekaligus sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas peserta dalam bidang tilawah Al-Quran.

“Kegiatan MTQ adalah momen yang sangat penting untuk terus meningkatkan kecintaan kita kepada Al-Quran dan meningkatkan pemahaman kita dalam memahami isi kandungan Al-Quran sebagai pedoman hidup umat Islam. Saya berharap, seluruh peserta yang bertanding dalam MTQ ini dapat menampilkan kemampuan terbaik mereka dan menjadikan ajang ini sebagai sarana menjalin ukhuwah, mempererat tali silaturahmi serta memajukan pembangunan Provinsi Riau,”, ujar Asisten 1 Masrul Kasmy mewakili Plt Gubernur Riau.

 

Asisten 1 juga mengajak seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan di Kabupaten Indragiri Hulu dan sekitarnya untuk bersama-sama mensukseskan penyelenggaraan MTQ ke XLI tingkat Provinsi Riau ini, dengan melibatkan segenap potensi yang ada dalam masyarakat dan pemerintah daerah. Ia mengingatkan bahwa kesuksesan MTQ ini juga menjadi bagian dari pembangunan Indragiri Hulu dan Provinsi Riau pada umumnya, khususnya dalam bidang keagamaan dan sosial budaya.

Selain dari pada itu dengan helatan MTQ ini juga akan menambah pendapatan para UMKM yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu.

Setelah itu, acara Pawai Ta’ruf peserta MTQ ke XLI tingkat Provinsi Riau pun resmi dimulai, diikuti oleh perwakilan dari kabupaten/kota se-Provinsi Riau, yang memamerkan kekayaan budaya dan keunikan daerah masing-masing. Para peserta pawai ta’ruf menampilkan berbagai atraksi, seni budaya, serta kostum yang menarik perhatian masyarakat sekitar dan para pengunjung. Pawai ta’ruf ini juga menjadi ajang promosi dan pariwisata bagi masing-masing daerah yang terlibat.

Selama penyelenggaraan MTQ ke XLI tingkat Provinsi Riau, berbagai rangkaian kegiatan keagamaan, lomba, dan seni budaya diadakan untuk mengisi acara sesuai tema kegiatan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang pertukaran informasi, pengalaman, serta kolaborasi antar daerah di Provinsi Riau dalam mengembangkan potensi masing-masing, terutama dalam bidang keagamaan dan pembangunan.

Melihat begitu ramai antusias dari Kabupaten Rokan Hulu dalam mengikuti Pawai ini, Bupati Rokan Hulu H.Sukiman bersama Ketua TP PKK dan Wakil Bupati H.Indra Gunawan Bersama Ketua GOW terlihat bangga atas semangat dari para peserta Pawai Rohul yang tetap eksis dan memberikan penampilan terbaik.

Bupati Rokan Hulu H.Sukiman berharap dalam pelaksanaan MTQ ke XLI Tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Inhu ini Rokan hulu bisa meraih Juara Umum, hal ini dilihat dari semangat para peserta baik dari Rombongan Pawai hingga para Kafilah Rokan hulu yang akan bertanding.

Pawai Ta’ruf dilepas secara resmi oleh Plt Gubernur Riau yang diwakili Asisten 1 Provinsi Riau diawali dari Rombongan Pawai dari Kabupaten Kuantan Singingi dilanjutkan dari Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten SIAK, Kabupaten Rokan Hulu, diikuti Kabupaten Meranti dan Kabupaten Kota lainnya. (kominfo/mek).

Check Also

Rebutkan Piala Bergilir, Sebanyak 120 Tim Mini Soccer Berlaga di PWI Rohul Cup II

ROKAN HULU-Sebanyak 120 tim Mini Soccer se-Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan berlaga dan memperebutkan juara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *