Jumat , 2 Desember 2022

Museum Pusat Pendidikan Sekaligus Pusat Rekreasi

Museum Masuk Sekolah di Inhu

Isrok Fiddin saat memberikan sambutan di helat Museum Masuk Sekolah di Rengat, Inhu. (Dok. Disbud Riau)

PEKANBARU (Khabarmetro.com) – Museum Sang Nila Utama Dinas Kebudayaan Riau kembali melaksanakan kegiatan. Kali ini di Kabupaten Indarigiri Hulu, pada 25-27 Oktober 2022 di Gedung Dang Purnama, Jalan Bupati Tulus, Rengat.

Kegiatan reguler tahunan bertajuk, Museum Masuk Sekolah itu senantiasa mendapatkan apresiasi yang beragam. Salahsatunya, dari para siswa-siswi SD dan SMP di ibukota Inhu, Rengat.

Helat tersebut dibuka Kabid Pelestarian Adat dan Nilai-nilai Budaya Dinas Kebudayaan Riau, Isrok Fiddin SH, mewakili Kadis Kebudayaan yang berhalangan hadir.

Dalam sambutannya, ia mengatakan, berdasarkan peraturan pemerintah nomor 19 /1995 museum adalah lembaga penyimpanan, perawatan, pengamanan dan pendataan benda bukti material manusia serta alam dan lingkungan guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya.

Dijelaskan Isrok, eksistensi museum tidak terlepas dari pada pelestarian keragaman Kebudayaan, pariwisata Riau yang merupakan salah satu aset penting dalam pembinaan dan pengembangan seni budaya dan objek wisata yang ada di berbagai daerah.

Berbagai benda (koleksi) peninggalan bersejarah yang ada di museum Sang Nila utama mengakibatkan museum menjadi pusat pendidikkan sekaligus pusat rekreasi bagi masyarakat dan pelajar.

“Semakin banyaknya masyarakat, terutama pelajar yang berkunjung ke museum, tentu saja menambah PAD Provinsi Riau,” ungkap Isrok.

Para peserta yang hadir berasal dari berbagai sekolah seperti SD Negeri 006 Rengat, SMPN 2, SMPN 1, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 6 dan SMPN 11 Rengat. Selain itu SDN Lengar dan SDN 12 Beringin.

Sedangkan narasumber yang dihadirkan antara lain dari BPCB Batusangkar Saharan dan Nesti STR Par serta putra kebudayaan Riau Bobby Revandra. (fed)

Check Also

Sukses Remajakan Sawit, Jatmiko CEO Terbaik se- Indonesia

Pekanbaru – Jatmiko Krisna Santosa, Direktur PT Perkebunan Nusantara V berhasil meraih penghargaan sebagai satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.