Jumat , 22 Oktober 2021

Mengintip Manisnya Agrowisata Melon Madu Di Desa Kuala Gading

 

BATANGCENAKU (Khabarmetro.com)–  Muhamad Imron (51) pelaku usaha agrowisata melon madu di Desa Kuala Gading, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), telah membuktikan bahwa Agrowisata salah satu usaha yang sangat menjanjikan di era pandemi Covid19.

Dengan membudidayakan melon madu di lahan seluas 2500 M2 ia berhasil meraup keuntungan 70 Juta Rupiah dalam satu rotasi panen. Kamis (1/7/2021).

“Perkiraan hasil produksi mencapai 3,5 Ton dalam jangka waktu Dua bulan, jika di uangkan mencapai 70 Juta Rupiah,” ujarnya.

Imron mengkemas budidaya melon dengan konsep Agrowisata, pengunjung bebas masuk tanpa pungutan biaya, namun jika ingin membeli buah melon barulah pengunjung membayar dengan harga 20ribu per Kilogram.

“Sengaja kita buat konsep seperti ini, agar siapapun bebas masuk dengan gratis,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan motovasi awal dalam budidaya melon madu adalah untuk mencari kesibukan di era pandemi Covid19, serta ingin mengajarkan generasi muda untuk mau bertani dan memanfaatkan perkarangan tidur yang tidak dikelola.

“Sekarang anak-anak muda sudah banyak yang malu untuk bertani, padahal zaman sekarang kan bertani tidak harus mencangkul dan mengelola secara tradisional seperti dulu, bisa dikelola dengan cara modren,” terangnya.

Wisata Melon ini dibuka untuk umum pada 27 Juni 2021 lalu, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang berkunjung terutama pagi dan sore hari, baik itu untuk membeli, rasa penasaran atau bahkan hanya untuk hiburan semata.

“Pengunjung diperkirakan 500 Orang per harinya,” ucapnya.

Untuk mengembangkan agrowisata ini, Imron juga sudah membentuk kelompok tani Bina Nusantara yang beranggotakan 15 orang, yang nantinya bisa mengembangkan budidaya dengan skala besar di Deda Kuala Gading.(km9)

Check Also

DPC AWI Kepulauan Meranti Serahkan Bantuan Bibit Bawang Merah

MERANTI (khabarmetro.com) – Ketua Dewan Pimpinan Cabang Aliansi Wartawan Indonesia (DPC-AWI) Kabupaten Kepulauan Meranti M …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *