Jumat , 2 Desember 2022

Melengkapi Pengetahuan Siswa tentang Benda Bersejarah

Museum Masuk Sekolah di Siak

Suasana saat kegiatan berlangsung di Kabupaten Siak. (Dok. Disbud Riau)

PEKANBARU (Khabarmetro.com) – Museum Masuk Sekolah 2022, Museum Sang Nila Utama Dinas Kebudayaan Riau berlangsung di Kabupaten Siak pada 10-12 Oktober lalu. Agenda rutin tersebut dilaksanakan di ruang lingkup sekolah-sekolah yang ada di Negeri Istana.

Tentu saja, tim museum mendapatkan apresiasi dari para siswa-siswi setiap sekolah yang dikunjungi. Para siswa-siswi cukup antusias. Selain penasaran pada koleksi-koleksi yang dipajang, mereka juga secara otomatis balajar tentang banyak hal, terutama peninggalan sejarah Bangsa Melayu, terutama Riau.

“Saya sangat gembira menyaksikan antusias dan rasa penasaran para siswa-siswi pada sejarah bangsa sendiri. Agenda ini tentu saja melengkapi pengetahuan mereka tentang sejarah di dalam kelas. Mereka bisa melihat langsung benda-benda yang selama ini hanya mereka lihat di dalam buku pelajaran,” jelas Kadis Kebudayaan Riau Yoserizal Zen.

Lebih jauh dikatakannya, agenda ini merupakan salah satu dari tanggung jawab Dinas Kebudayaan Riau, terutama bidang museum. Apalagi para generasi muda saat ini lebih banyak tergoda pada hal-hal di luar jati diri bangsanya sendiri. Bahkan mereka lebih tertarik bermain yang tidak memberi dampak positif pada perkembangan dirinya.

“Kami mengharapkan setelah mendapat kunjungan dari museum, para siswa-siswi dan juga pihak sekolah mengagendakan kunjungan khusus ke museum di Pekanbaru. Di museum itu nantinya, guru dan murid mendapat lebih banyak lagi informasi tentang koleksi museum dan penjelasan komprehensif ya,” ungkap kadis yang biasa disapa Atok Yos tersebut. (fed)

Check Also

Sukses Remajakan Sawit, Jatmiko CEO Terbaik se- Indonesia

Pekanbaru – Jatmiko Krisna Santosa, Direktur PT Perkebunan Nusantara V berhasil meraih penghargaan sebagai satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.