Sabtu , 31 Juli 2021

Mahasiswa Unri Lakukan  Pengabdian Pendataan Gizi Balita

Makanan Sehat Tempatan Desa Sungai Putih

KAMPAR (khabarmetro.com) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Riau 2021 Desa Sungai Putih, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar melakukan pendataan gizi pada balita dan pembagian makanan sehat tempatan (15/07/2021). Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pencegahan dan penanganan stunting sejak dini pada balita, hal ini disampaikan oleh salah seorang mahasiswa yang ikut Kekerta Dian Permana Putra.

Stunting merupakan masalah kekurangan gizi kronis pada balita yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya. Masalah stunting dipengaruhi oleh rendahnya akses terhadap makanan dari segi jumlah dan kualitas gizi, serta sering kali tidak beragam. Oleh karena itu, salah satu cara pencegahan stunting adalah dengan pemanfaatan sumber daya tempatan.

Pendataan gizi pada balita bertujuan untuk memantau dan mengetahui tumbuh kembang balita sehingga peluang terjadinya stunting pada anak dapat dicegah lebih dini. Data gizi balita juga berfungsi untuk kontrol bagi orang tua dalam menentukan pola asuh dan kebutuhan anaknya. Pola asuh dan status gizi sangat diperlukan orang tua terutama ibu dalam mengatur kesehatan dan gizi keluarganya

Tim kukerta Unri dalam kegiatan pendataan gizi dan pembagian makanan sehat tempatan ini bekerjasama dengan kelompok PKK di desa Sungai Putih. Kurangnya pemberdayaan perempuan menurut mantan mentri kesehatan Nila Moeloek (7/4/2018) merupakan salah satu faktor yang menjadi akar dari masalah stunting sehingga diperlukan edukasi yang bisa mengarahkan pada peningkatan kesehatan gizi ibu dan anak.(km3)

Check Also

KPU Inhu Hibahkan APD Kepada Pemda Inhu

PEMATANGREBA (Khabarmetro.com)–  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) hibahkan Barang Milik Negara (BMN) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *