Minggu , 5 Desember 2021

Luar Biasa, 650 Mahasiswa UT Berhasil Diwisuda

Bupati Afrizal Sintong Selesai Tepat Waktu

Direktur UT Pekanbaru, Iqbal Miftakhul Mujtahid MSi, IT (tengah) didampingi salah seorang wisuda Afrizal Sintong yang sehari hari Bupati Rohil.

PEKANBARU (Khabarmetro.com)- Universitas Terbuka (UT) Pekanbaru, Ahad (17/10/2021) melakukan wisuda daerah program sarjana dan pasca sarjana secara terbuka tahun 2021. Wisuda secara daring yang dipusatkan di gedung RTV Pekanbaru diikuti 650 peserta yang tersebar seluruh Provinsi Riau dipimpin Direktur Universitas Terbuka Pekanbaru Dr Iqbal Miftakhul Mujtahid MSi, IT.

Wisuda kali ini agak menariknya pada wisada sebelumnya, karena wisuda
kali ini selain diikuti 650 para wisudawan secara online juga ikut diwisuda adalah Bupati Rokan Hilir Aprizal Sintong. Kemudian acara resepsi wisuda ini juga di-support Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Susqa Riau, Prof Dr Khairunnas MAg.

Wisudawan secara daring ini agak beda hal dilakukan wisudawan lainnya. Acara dimulai pukul 07.00 sampai 07.15 pembukaan zoom, menampilkan backrop wisuda, selanjutnya, 07.15 sampai 17.30 koneksi zoom UPBJJ dan peserta dari rumah, kemudian dilanjutkan verifikasi peserta wisuda, memanggil mahasiswa yang ada di seluruh Riau secara bergantian.

Kemudian pukul 08.30 WIB pembukaan wisuda daerah UT Pekanbaru oleh Direktur Dr Iqbal Miftakhul Mujtahid MSi, dan dilanjutkan pembacaan SK Kepala-UT Pekanbaru, kemudian sambutan Direktur UT Pekanbaru, sambutan Rektor Universitas Terbuka yang diwakili Dr Subekti Nurmawati MSi (rekaman video) dan sambutan Rektor UIN, Riau Prof Dr Khairunnas MAg.

Direktur Universitas Terbuka Pekanbaru, Dr Iqbal Miftakhul Mujtahid MSi, IT usai acara wisuda terlihat sangat senang dan gembira, karena sudah sukses mewisuda mahasiswa yang selama menimba ilmu di UT tesebut dengan jumlah 650 orang.

“Saya sangat bangga karena sudah berhasil mewisuda mahasiswa UT, apakah sarjana maupun program pasca sarjana yang mana mereka terdiri dari latarbelakang berbeda apakah itu, pendidikan, pekerjaan dan adat serta perbedaan sosial lainnya,” katanya.

”Sekarang untuk menjadi seorang sarjana sudah banyak cara bisa dilakuklan. Seperti di UT ini, gampang. Tak perlu waktu khusus, datang ke kampus pada waktunya. Dan lagi biaya kuliahnya murah,” tambah Iqbal.

Rektor UIN Prof Dr Khairunnas mengatakan  UT mengatakan, bahwa UT selama ini sudah banyak berbuat untuk pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas baik daerah Riau maupun Indonesia.

Salah satu contoh, tambah Khairunnas, pada wisuda kali ini, UT mewisuda salah seorang putra terbaik Riau, yakni Bupati Rokanhilir Aprizal Sintong. walaupun disibukan dengan pekerjaan sebagai sebagai salah seorang kepala daerah tetapi bisa lulus tepat pada waktu sehingga berhasil menjadi sarjana.

”Pak Aprizal Sintong yang sehari-hari Bupati Rohil ini adalah bukti, bahwa lulusan UT ini luar biasa. Dan tak kalah saing dengan lulusan universitas terkemuka lainnyadi Indonesia, ” papar Khairunnas.

Sebagai Rektor UIN, pihak UIN selama ini sudah membantu dan selalu siap berkalaborasi dengan UT Pekanbaru dalam membangun dan mencerdaskan anak bangsa yang diharapkan makin hari semakin membaik.

”Kita dari UIN berkalaborasi dengan UT ini. Buktinya, ada belasan dosen dan guru besar juga membantu dan menjadi tenaga pengajar di UT ini,” papar Khairunnas.

Sementara itu, Afrizal Sintong yang juga sehari-hari Bupati Rohil ini, juga cukup bahagia dan bangga menjadi mahasiswa dan lulus dari UT. Karena, dengan UT tidak ada lagi jara penghalang seseorang untuk maju dan berkembang.

”Saya bangga jadi mahasiswa UT ini. Untuk kuliah tak perlu datang tatap muka dan biayanya tak terlalu mahal, hanya Rp1 juta per semester. Dan saya alhamdulillah lulus tepat pada waktunya,” sebut Afrizal. (Km1)

Check Also

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Ini Dia Kegiatan yang Ditaja Dinsos Riau

Setelah Lama Tertunda, Lomba dan Pelepas Dahaga Dinas Sosial Riau mengadakan aneka perlombaan sempena Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *