Jumat , 20 Mei 2022

Libatkan 4 Provinsi di Sumatera, Forum ‘Selat Malaka’ Resmi Dibentuk

Dr Deni Efizon MSc, Ditunjuk Sebagai Ketua Forum

Materi paparan dari Dr Ir Deni Efizon MSc, saat zoom meeting. 

PEKANBARU (Khabarmetro.com)- Satu lagi wadah resmi dibentuk. Wadah ini diberi nama Forum ‘Selat Malaka’, yang akan konsen memikirkan isu-isu strategis dan mencari solusi permasalahan di Pantai Timur Sumatera.

Ada 4 provinsi yang mencakup, yakni Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Utara (Sumut), Riau dan Jambi. Pembentukan forum ini, adalah tindak lanjut dari pertemuan tim dengan Tim Kantor Staf Kepresidenan (KSP) pada 9 November 2021.

Hal ini terungkap, saat digelar zoom meeting bersama, Rabu, 6 April 2022 lalu. Pertemuan daring ini diikuti oleh 22 peserta, yang berasal dari 4 provinsi tersebut.

Yang hadir, antara lain, Dr Ir Deni Efizon MSc dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau (Unri), Dr Ir Alit Hindri Yani MSc dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Unri, Prof Dr Jimmi Copriady MSi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unri, Prof Dr Zuchra Helwani ST MT dari Fakultas Teknik Unri, Dr Said Zul Amraini ST MT dari Fakultas Teknik Unri, dan Ir Mardhiansyah SHut MSc dari Fakultas Pertanian Unri.

Dr Ir Deni Efizon MSc dan istri.

Lalu, Prof Dr Muchlisin ZA SPi MSi dari Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala, Dr Agus Putra AS SPi MSc dari Fakultas Pertanian Universitas Samudra Langsa, Desrita Tobeh SPi MSi dari Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Dr Agung S Batubara SPi MSi dari Fakultas MIPA Universitas Negeri Medan, dan Irham Huspa Siregar SPi MSi dari Fakultas Pendidikan Universitas Rantau Prapat.

Hadir juga, Fauzan SPi MSi dari Fakultas Peternakan Universitas Jambi, Muchlizar SPi MSi dari Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis, Eldi Saputra SPi MSi dari Dinas Perikanan Kab. Kepulauan Meranti, M Riza Fahlifi SPi MSi dari Dinas Perikanan Kab. Indragiri Hilir, dan Khairul Amri SPi dari DPP ISKINDO (Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia).

Selain itu, hadir pula Ishlahul Fikri dari Maritim Muda Nusantara Korwil Riau, Ridwan Rafsyanjani yang merupakan Sekjen Himitekindo, Amelia Nabila dari Maritim Muda Nusantara Korwil Riau, berserta tiga rekannya, yakni Azizul Fauzan, M Ilham Tatanegara, dan Wellen Barent Kairoa.

Salah satu hasil penting dari diskusi ini, adalah setuju membentuk Forum ‘Selat Malaka’. Dari hasil diskusi dan penjaringan, ditunjuklah Dr Ir Deni Efizon MSc sebagai ketua, Wakil Ketua Prof Dr Muchlisin ZA SPi MSi, Sekretaris Muchlizar SPi, MSi dan Bendahara Dr Said Zul Amraini ST MT.

“Kepengurusan initi akan bertugas menyusun kepengurusan lengkap yang melibatkan semua elemen/stakeholder terkait dari 4 provinsi. Setelah susunan kepengurusan lengkap terbentuk, forum ini akan bekerja membantu pemerintah dan stakeholder, terkait penyelesaian permasalahan dan pengembangan berbagai aspek di kawasan Selat Malaka,” jelas Deni Efizon, yang disetujui oleh semua peserta zoom meeting.

Saat zoom meeting, Deni Efizon menyampaikan presentasi bertajuk, “Isu-isu Strategis Kemaritiman di Kawasan Pantai Timur Sumatera (Provinsi Aceh, Sumut, Riau & Jambi). Ada 4 kelompok utama isu strategis, yakni Infrastruktur, Sumberdaya Manusia, Sumberdaya Alam Pesisir dan Laut dan Hukum & Pertahanan.

Dari presentasi inilah, semua peserta memandang perlu keberadaan Forum ‘Selat Malaka’ ini kedepan. Menurut mereka, berbagai isu kelautan dan perikanan nantinya bisa dibahas dan dicarikan solusi, jika itu menjadi permasalahan.

Sebagai Ketua Forum, Deni Efizon akan segera melakukan langkah-langkah. Ia berharap, forum ini nanti bisa berkontribusi positif untuk memajukan bidang kemaritiman/perikanan, terutama di 4 provinsi terkait. (Km/rls)

Check Also

PASTI HARU, PESTA HELAT RAKYAT MELEPAS MASA BAKTI FIRDAUS-AYAT

  PEKANBARU (Khabarmetro.com) – Sejak tahun 2012-2022 Firdaus Ayat memimpin kota Pekanbaru. Tepat, Ahad (22/5/2022), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.