Rabu , 8 Februari 2023

Lestarikan Budaya, Pemdes Sepotong Gelar Pelatihan Adat Istiadat Budaya Melayu

Bengkalis: Dengan keluasan dan kemandirian pemerintah desa bidang sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan, berkat melalui anggaran dana desa Bermasa pemerintah Sepotong gelar pelatihan adat istiadat budaya Melayu kepada anak remaja pemuda dan pemudi penerus bangsa untuk menjaga kelestarian budaya Melayu di masyarkat desa Sepotong Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis pada umumnya, sabtu (26/11/2022)

Pelatihan Adat Istiadat dan Budaya Melayu dibuka langsung oleh kepala desa Sepotong Isman,S,Ag yang diadakan di ruang kantor desa.

Acara tersebut menghadirkan narasumber yaitu, Ketua DPH LAMR Siak Kecil, Datok Edi Yusri S,Pd. MM dan Datuk Zulazmi S,Pd.

Kepala desa Sepotong Isman dalam paparanya menyampaikan, dengan
dilaksanakannya kegiatan Pelatihan Adat istiadat dan Budaya melayu di desa kiranya memberikan pencerahan ,tunjuk ajar , dan ilmu yang bermanfaat tentang istiadat masyarakat melayu dalam tata krama, moral dan etika yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari hari.

“Hingga, lanjutnya, dengan pengamalan tata cara dan Budaya hidup orang orang melayu akan mampu menjadi mediator kerukunan hidup antar sesama, memperkuat ukhuwah, memperkuat integritas dan solidaritas sesama masyarakat desa Sepotong khususnya” paparnya.

Kades Isman menambahkan melalui momentum ini diharapkan dapat bersinergi, berbagi ilmu tentang kebudayaan melayu dalam mendukung tercapainya Visi dan Misi Bupati Bengkalis Ibu Kasmarni dalam memberdayakan masyarakat yang beradab dan Bermarwah.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat melahirkan pemikiran-pemikiran baru tentang pelestarian, penguatan, dan penerjemahan serta pengembangan nilai-nilai adat dan budaya melayu, agar tidak luntur pada generasi muda yang akan datang,” ungkap Isman.

Tujuan kegiatan ini juga adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan kebudayaan Melayu di kabupaten Bengkalis pada umunya desa Sepotong khususnya.

“Semoga dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan kepada peserta anak anak remaja pemuda pemudi masyarkat desa Sepotong dapat menambahkan nilai pengetahuan budaya dan tradisi sastra lisan serta menjaga kelestarian budaya Melayu untuk di masa depan yang akan datang,”ujar kades

Selanjutnya, tidak lupa kades Isman ucapkan terimakasih kepada Bupati Bengkalis Ibu Kasmarni dan pemerintah Kabupaten Bengkalis.

“Saya dan atas nama pemerintah desa mewakili masyarakat desa Sepotong mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bengkalis Ibu Kasmarni, atas adanya program dana Bermasa sangat bermanfaat untuk masyarakat, khususnya di bidang Sumber Daya Manusia. Semoga Ibu Bupati selalu diberikan kesehatan dan semoga Bengkalis semakin maju dan jaya di bawah kepemimpinannya,”Ucapnya.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya kepada pemerintah desa dan pemerintah Kabupaten Bengkalis juga kepada Bupati Bengkalis Ibu Kasmarni dalam membangun dan memeberdayakan masyarkat menuju masyarakat yang Bermarwah Maju dan Sejahtera.

“Terimakasih Bupati Bengkalis Ibu Kasmarni dengan adanya program ini sangat bermanfaat bagi kita masyarakat dan kepada pemerintah desa khususnya kepala desa Pak Isman, yang juga sudah berusaha dalam membangun citra desa dengan memberi dedikasinya kepada masyarakat khususnya desa Sepotong secara bijaksana,”imbuhnya.

Kemudian acara di lanjutkan penyampaian materi oleh Datok Edi Yusri selalu narasumber dan tata cara praktek pengamalan adat istiadat melayu dapat dilakukan dengan keserasian dan keselarasan yang benar benar berpedoman pada tunjuk ajar melayu bidang istiadat dan budaya melayu itu sendiri. Pembekalan terhadap pengamalan nilai budaya dan adat istiadat melayu.

Sedangkan untuk pemateri selanjutnya di paparkan oleh Datuk Zulazmi tentang kilas sejarah perkembangan melayu dirantau riau

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala desa Sepotong Isman, ketua BPD dan anggota, Ketua LAMR desa Sepotong dan jajaran, pengurus LAMR Kecamatan Siak Kecil, perangkat desa dan Staf desa Sepotong, Kadus, RT/RW dan para peserta pelatihan beserta tamu undangan lainya.(nes)

Check Also

Gubri Lepas Delegasi Riau ke Puncak Peringatan HPN di Medan

PEKANBARU (khabarmetro.com) – Gubernur Riau, H Syamsuar melepas Delegasi Riau ke puncak peringatan ke-77 Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.